get app
inews
Aa Read Next : Hore!, BUMI hingga BUKA cs Masuk Papan Utama Bursa

8 Agama Tertua Di Dunia, Diantaranya Zoroastrianisme Dan Shinto

Selasa, 19 Juli 2022 | 08:24 WIB
header img
8 agama tertua di dunia, salah satunya Hindu (Foto : Freepik)

6. Buddhisme (600 SM)

Agama Buddha dalam menelusuri akarnya kembali ke salah satu pendiri, seorang pangeran yang lahir di Nepal modern, lebih dari 2.500 tahun yang lalu bernama Siddhartha Gautama. Persebaran ajarannya berada di wilayah Anak Benua India (Nepal modern).

Menurut sejarah Buddha, Siddhartha Gautama mengesampingkan kehidupan mewahnya sebagai pangeran setelah dia menyaksikan penderitaan di luar tembok istana untuk pertama kalinya.

Setelah itu, ia duduk di bawah pohon Bodhi (pohon pencerahan) dan akhirnya mencapai pencerahan, sehingga menjadi Buddha. Sejak itu, pengikut Buddha mempraktikkan ajaran Buddha yang damai dan mencari jalan pencerahan bagi diri mereka sendiri.

7. Jainisme (600 SM)

Jainisme adalah agama kuno dari India yang diyakini muncul pada abad ke-6 SM, semasa dengan agama Buddha. Jainisme memiliki kepercayaan yang mirip dengan Hindu dan Buddha.

Penganutnya percaya bahwa kebenaran telah diungkapkan pada waktu yang berbeda oleh tirthankara (nabi), yang telah mencapai tujuan spiritual tertinggi dari keberadaan. Mereka juga percaya bahwa ada 24 tirthankara dan yang terakhir adalah Mahavira, yang dikreditkan sebagai pendiri Jainisme dan juga seorang Buddha kontemporer.

8. Konfusianisme (600 SM)

Konfusianisme sering diakui sebagai agama meskipun tidak dipraktikkan sebagai agama tradisional yang terorganisir. Penganutnya memandang Konfusianisme lebih sebagai sistem filsafat sosial dan etika.

Selama bertahun-tahun, Konfusianisme berpengaruh kuat terhadap kehidupan spiritual dan politik masyarakat China. Bahkan menyebar ke Jepang, Korea, hingga Vietnam. (*)

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut