get app
inews
Aa Read Next : Temani Libur Lebaran 2024, 7 Drama Korea Bisa jadi Pilihan

15 Makanan Khas Jawa, Lezat Dan Legendaris

Rabu, 20 Juli 2022 | 09:57 WIB
header img
IG@amazingindonesiafood (iNews.id/esa putra tanjung)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Ada 15 Makanan khas Jawa dikenal memiliki kelezatan dan legendaris yang tak lekang digilas zaman. Tiga provinsi di Pulau Jawa yakni Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat masing-masing memiliki makanan khas yang wajib dicoba. 

Menunya pun beragam mulai dari makanan manis, gurih dan pedas. Semua jenis makanan khas tersebut akan membuat siapa pun tergiur mencicipinya. 

Berikut 15 makanan khas Jawa yang terkenal lezat dan legendaris:

1. Rujak Cingur

Travelling ke Jawa Timur tanpa mencicipi Rujak Cingur memang belum lengkap. Berbeda dari rujak biasa yang berisikan irisan buah-buahan dan sambal, Rujak Cingur berisikan rujak mulut sapi, cingur, sayuran dan berbagai bahan pelengkap lain.

Yang membuat rujak ini menjadi khas adalah karena memakai bumbu petis, cabai, gula merah plus kacang tanah yang telah digoreng. Bumbu tersebut kemudian diulek dan ditambahkan sedikit air.

2. Lontong Balap

Namanya unik, namun jangan berpikir jika kuliner lontong yang satu ini digunakan untuk ajang perlombaan. Lontong Balap merupakan salah satu kuliner khas Jawa Timur dan Anda bisa menemukannya dengan mudah di sekitaran Jalanan Jawa Timur.

IG@eattemptationsby (iNews.id/esa putra tanjung)

IG@eattemptationsby (iNews.id/esa putra tanjung)

Lontong Balap merupakan perpaduan dari berbagai bahan, mulai dari lontong, tahu goreng, tauge, kecap, lenthok, sambal, bawang goreng dan beragam bumbu pelengkap lain. Semakin sempurna dengan tambahan siraman kuah segar yang membuat citarasanya semakin nikmat.

3. Lodho Ayam

Makanan khas Jawa Timur selanjutnya adalah Lodho Ayam yang telah sangat populer dengan kelezatannya di seluruh Jawa. Lodho ayam menjadi menu terbaik khas Tulungagung, Jawa Timur. Bahkan para pengunjung bisa menemukan menu yang satu ini dengan mudah saat menginjakkan kaki ke Tulungagung.

Kuliner ini terbuat dari bahan utama ayam yang dimasak dengan resep dan bumbu turun temurun dengan cita rasa yang lezat.

Lodho ayam terdiri dari dua jenis masakan, yaitu lodho ayam dengan kuah encer dan lodho ayam kuah kental.

4. Nasi Krawu

Nasi Krawu menjadi ciri khas dari Gresik. Nasi krawu terbuat dari berbagai bahan, seperti daging sapi, sambal terasi hingga serundeng. Semakin menarik karena nasi krawu di sajikan dengan menggunakan daun pisang.

5. Sambal Wader

Sambel Wader adalah makanan khas Jawa Timur dengan olahan berbahan dasar ikan. Anda bisa dengan mudah menemukan menu sambal wader di Mojokerto. Wader merupakan salah satu jenis ikan yang bisa ditemukan di sungai.

Ikan wader berukuran kecil, namun jangan pernah menyepelekan kelezatan yang ditawarkan. Selain itu, di dalam sambal wader, Anda juga bisa menikmati ikan-ikan lain yang lezat.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut