Logo Network
Network

Hari Ini 7 Pecahan Uang Rupiah Kertas Emisi 2022 Diluncurkan, Ada Soekarno-Hatta hingga Tjut Meutia

Michelle Natalia
.
Kamis, 18 Agustus 2022 | 10:25 WIB
Hari Ini 7 Pecahan Uang Rupiah Kertas Emisi 2022 Diluncurkan, Ada Soekarno-Hatta hingga Tjut Meutia
Rupiah Kertas Emisi 2022 Diluncurkan. Foto: Okezone.com MPI

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bersama Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo resmi meluncurkan 7 pecahan uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022 pada hari ini.

 Ketujuh pecahan Rupiah diluncurkan sebagai alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Peluncuran uang Rupiah ini merupakan wujud nyata komitmen kami bersama untuk menyediakan uang Rupiah yang berkualitas dan terpercaya kepada masyarakat sebagai simbol kedaulatan negara dan pemersatu bangsa. Kami ajak seluruh komponen masyarakat untuk cinta, bangga, dan paham Rupiah, mari terus kita kobarkan optimisme, semangat kebangsaan, dan komitmen untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat menuju Indonesia Maju," ujar Perry dalam acara Peluncuran Uang Rupiah Tahun Emisi 2022 di Jakarta, Kamis (18/8/2022).

Dalam kesempatan yang sama, Sri Mulyani berpesan bahwa Rupiah bukanlah sekadar mata uang, tetapi juga menggambarkan perjalanan dari bangsa dan negara Indonesia. Berdasarkan sejarahnya, pada tanggal 30 Oktober 1946, Oeang Republik Indonesia (ORI) disahkan dan mulai berlaku, menandai babak baru bagi Indonesia yang baru merdeka.

"Di dalam setiap lembaran Rupiah, terdapat berbagai cerita dan narasi mengenai kebangsaan dan bangsa Indonesia, sebuah motif spirit untuk di satu sisi adalah keberagaman, dan di sisi lain adalah kebersamaan," ujar Sri.

 

Rupiah, sambung dia, adalah satu-satunya alat pembayaran yang sah di Indonesia, sehingga sudah sepantasnya harus dihormati dan dibanggakan.

"Bersama Rupiah, kita bangkit lebih kuat menuju Indonesia maju," pungkas Sri.

Follow Berita iNews Serpong di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini