Logo Network
Network

Festival Sandeq 2022 Siap Arungi Selat Makassar Menuju IKN

Syamsi Nur Fadhila
.
Minggu, 28 Agustus 2022 | 20:35 WIB
Festival Sandeq 2022 Siap Arungi Selat Makassar Menuju IKN
Pj Gubernur Sulbar, Akmal Malik (tengah) hadir pada gala dinner Festival Sandeq 2022, Indonesia Mendukung IKN di dMacora Ballroom, The Rinra Hotel, Sabtu (27/8/2022). Foto/Istimewa

MAKASSAR, iNewsSerpong.id - Sebanyak 35 perahu sandeq siap berlayar mengarungi Selat Makassar dari Sulawesi Barat menuju Kalimantan Timur dalam gelaran Festival Sandeq 2022. Setelah sempat vakum selama dua tahun akibat Covid-19, Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Pemprov Sulbar) kembali menggelar festival maritim ini.

Festival perahu layar ini akan dilakukan dengan perahu Sandeq, yakni jenis perahu layar bercadik yang telah lama digunakan oleh nelayan Mandar untuk melaut atau sebagai alat transportasi antar pulau. Pasandeq akan berlayar ke Balikpapan sebagai simbol dukungan untuk Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Ini menjadi menarik karena selama 2 tahun vakum, kemudian dengan adanya IKN, kami ingin mnghadirkan mahakarya maritim yang hebat dan itu kami kompetibelkan dengan kehadiran IKN," ungkap Penjabat (Pj) Gubernur Sulbar Akmal Malik, Sabtu (28/8/2022).

Festival Sandeq 2022 Siap Arungi Selat Makassar Menuju IKNFestival Sandeq 2022 ini mengusung tajuk "Indonesia Mendukung IKN". Diikuti sebanyak 35 Sandeq, terdiri atas atas 28 perahu Sandeq jenis lomba dan 7 jenis sandeq klasik atau dioloq.

Setiap Sandeq terdiri atas 8 awak dengan total Sawi atau Awak Sandeq sebanyak 252 orang. Estimasi waktu perjalanan selama 9 hari perjalanan, dan akan dimulai pada tanggal 31 Agustus dan berakhir pada 9 September 2022.

Pasandeq akan menempuh jarak sejauh 552 kilometer atau 321 mil, menempuh rute Pantai Silopo - Pantai Banggae - Pantai Palipi - Pantai Deking - Pantai Manakarra - Pulau Ambo - Pula Salissingan - Pantai Manggar dan berakhir di Balikpapan Super Block.

Follow Berita iNews Serpong di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini