get app
inews
Aa Read Next : Saat Puasa, ini Hukum Memakai Inhaler, Berikut Penjelasannya

Berbakti Kepada Orangtua yang Sudah Meninggal, Jangan Lupa Tunaikan Wasiat

Selasa, 25 Oktober 2022 | 07:38 WIB
header img
Salah satu amalan untuk orang tua yang sudah meninggal adalah mendoakan kebaikan dan memohonkan ampun untuk keduanya. (Foto/Ilustrasi : Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Wujud bakti kepada orangtua (birrul walidain) meski sudah meninggal terdapat berbagai cara. Ada banyak hal yang bisa dilakukan sebagaimana disebutkan dalam banyak riwayat Hadis.

Rasulullah Shollallahu 'Alaihi Wasallam berpesan agar umatnya berbakti kepada orang tua. Beliau bersabda: الْوَالِدُ أَوْسَطُ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ فَإِنْ شِئْتَ فَأَضِعْ ذَلِكَ الْبَابَ أَوِ احْفَظْهُ

Artinya: "Orang tua adalah pintu surga paling tengah. Kalian bisa sia-siakan pintu itu atau kalian bisa menjaganya." (HR Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ahmad).

Berikut 9 amalan untuk orang tua yang sudah meninggal:

1. Berdoa Memohon Ampunan untuk Keduanya

Suatu ketika Nabi Muhammad SAW berkumpul bersama sahabat, tiba-tiba datang seseorang dari Suku Bani Salamah, lalu berkata: "Ya Rasulullah, masih adakah sisa bakti yang dapat aku lakukan sepeninggal kedua orangtuaku?"

Beliau bersabda: "Ya ada, doakan kebaikan untuk keduanya, mohonkan ampunan untuk keduanya, sambung silaturahim di keluarga keduanya yang tidak tersambung tanpa ada keduanya, dan muliakan teman-teman kedua orang tua." (HR Abu Daud)

Dalam riwayat lain disebutkan: "Jika seorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga hal, yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh/saliha yang mendoakannya."

Berikut doa yang dapat dibaca setiap selesai sholat fardhu atau sholat sunnah: رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا Rabbighfirli, wa li waalidayya, warham huma kama Rabbayanii shaghiiro.

Artinya: "Ya Tuhanku, ampunilah dosaku dan dosa kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku (mendidikku) di waktu aku kecil."

2. Bersedekah dan Melunasi Utangnya

Amalan berikutnya yaitu bersedekah dan melunasi utangnya apabila memiliki utang semasa hidupnya. Dari Abu Hurairah, ada seorang laki-laki bertanya: "Sesungguhnya ayah saya telah wafat, dia meninggalkan harta tapi tidak ada wasiat. Apakah dosa-dosanya bisa terhapus jika saya bersedekah hartanya itu atas namanya?"

Rasulullah menjawab: "Ya." Dari Al-Hasan, dari Sa'ad bin 'Ubadah, dia menceritakan ibunya telah wafat, katanya: "Wahai Rasulullah, ibu saya telah wafat, apakah boleh saya bersedekah atas namanya?"


Mendoakan salah satu wujud bakti kepada orangtua. (Foto : Ist)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut