get app
inews
Aa Read Next : Hakata Ikkousha Pelopor Restoran Ramen di Serpong City

Pertama di Indonesia, Cluster Chalcedony PHG Summarecon Serpong Pakai Meter Air Digital

Sabtu, 04 Desember 2021 | 13:42 WIB
header img
Pertama kali di Indonesia penggunaan meter air digital di Cluster Chalcedony PHG Summarecon Serpong. Penggunaan air dapat dikontrol lewat HP. Anggada dari PT Nusafox Intermedia sedang menunjukkan aplikasinya, Sabtu (04/11/2021). (Foto : iNewsSerpong)

SERPONG CITY, iNewsSerpong.id - Pertama di Indonesia untuk penggunaan Smart Water Meter (SWM) atau meter air digital, dimulai dari Cluster Chalcedony Pondok Hijau Golf (PHG)  Summarecon Serpong, Tangerang, Banten. Melalui SWM kontrol penggunaan air di rumah ada ditangan lewat handphone.

Sebagai proyek percontohan, Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Kerta Raharja, Tangerang menggandeng PT Nusafox Intermedia sebuah perusahaan information technology (IT), telah memasang meter air digital sebanyak 81 rumah di Cluster Chalcedony. Hasilnya, pencatatan hampir sama dengan meter air mekanikal hanya ada selisih sekitar 1,2%.

"Selisih itu diperkirakan dipengaruhi salah satu rumah dengan penggunaan air yang tinggi sekali, di luar penggunaan rata-rata yang ada di Cluster Chalcedony yang sudah dipasangi meter air digital. Ini jadi fokus perhatian," ungkap Anggada dari Nusafox Intermedia, saat menjelaskan kepada ketua RW/RT Cluster Chalcedony, Sabtu (04/12/2021).  

Lebih jauh, Anggada mengungkapkan, melalui SWM seorang pelanggan bisa mendeteksi secara cepat penggunaan air, terutama bila terjadi kebocoran instalasi air dalam rumah. Aplikasi SWM dipasang  dan bisa diakses lewat handphone.  

Berbagai fitur yang sangat penting telah dipasang dalam aplikasi tersebut. Mulai dari histori penggunaan air, baik harian, mingguan, bulanan, bahkan beberapa bulan sebelumya bisa ditampilkan. Selain itu, pelanggan Perumdam Tirta Kerta Raharja bisa melakukan komplain instant lewat chat yang disediakan dalam aplikasi.


Penggunaan SWM bisa mengontrol penggunaan air setiap saat. (Foto : iNewsSerpong)

"Semuanya serba transparan dan dapat dilakukan setiap saat alias 24 jam," jelas Anggada. Rencananya, aplikasi ini sudah bisa diakses warga Cluster Chalcedony paling lambat pertengahan Desember 2021. Setelah pilot project dinyatakan sudah layak, maka akan dilanjutkan pemasangan meter air digital semua rumah di Cluster Chalcedony yang berjumlah sekitar 200-an.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut