get app
inews
Aa Read Next : Bus Rombongan Warga Tangerang-Tangsel Masuk Jurang di Guci Tegal

Mengintip PO Bus Tertua di Dunia, Ada dari Indonesia

Senin, 31 Oktober 2022 | 07:54 WIB
header img
Menarik untuk melihat siapa PO tertua di dunia yang menjadi awal berjalannya bisnis angkutan ini. (Foto: Mercedes-Benz/Damri/NPM)

Awalnya, bus ini hanya mampu menampung delapan orang. Jika melalui jalan yang ekstrem seluruh penumpang harus turun untuk mendorong bus. Wajar saja, saat itu mesin bus masih satu silinder yang hanya menghasilkan tenaga 5 hp.

Seiring berjalannya waktu, pada akhir 1899, sebuah perusahaan di Speyer, tidak jauh dari kota asal Benz, Mannheim, menawarkan layanan bus sepanjang empat rute. Ini menjadi titik awal terbukanya rute-rute di berbagai penjuru Eropa.

Di Indonesia ada PO bus tertua di dunia, yakni NPM (Naikilah Perusahaan Minang). Dikutip dari kanal YouTube PerpalZ TV, perusahaan asal Padang Panjang, Sumatera Barat itu sudah berdiri sejak 1937.

Pada awalnya, PO NPM melayani trayek Bukit Tinggi-Sawah Lunto, dan juga menjadi penerus PT Pos Indonesia dalam menyalurkan surat, dokumen, paket, dan sebagainya, dengan kotak besar yang terdapat di bagian atas depan bus.

Selain NPM, PO bus berpelat merah, DAMRI, juga bisa dikatakan sebagai yang tertua di Indonesia. Didirikan pada 1943 di masa penjajahan Jepang, awalnya DAMRI memiliki nama Jawa Unyu Zigyosha untuk mengangkut barang dan Zidosha Sokyoku sebagai angkutan penumpang.

Pada 1945, Jawa Unyu Zigyosha diubah menjadi Djawatan Pengangkoetan untuk angkutan barang. Sementara Zidosha Sokyoku beralih menjadi Djawatan Angkutan Darat untuk angkutan penumpang.

Barulah pada 1946, nama DAMRI yang berasal dari singkatan Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia diresmikan berdasarkan Makloemat Menteri Perhoeboengan RI No 01/DAM/46, dengan tugas utama menyelenggarakan pengangkutan darat dengan bus, truk, dan angkutan bermotor lainnya.

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut