get app
inews
Aa Read Next : 5 Pesan Haru Jokowi untuk Kaesang-Erina, Ini Faktanya

7 Batik Motif Parang yang Dilarang Dipakai Undangan saat Resepsi Kaesang-Erina, Ini Alasannya

Jum'at, 09 Desember 2022 | 13:16 WIB
header img
Ini Tujuh Batik Motif Parang yang Dilarang saat Resepsi Kaesang-Erina (Foto: Ist)

JAKARTA,iNewsSerpong.id - Acara pernikahan putra Presiden Joko Widodo Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan diselenggarakan pada Sabtu, 10 Desember 2022 di Pendopo Agung Royal Ambarukmo, Sleman, Yogyakarta. Sementara itu, resepsi pernikahan digelar di Pura Mangkunegaran, Solo.

Ada beberapa aturan yang harus diikuti oleh tamu undangan. Salah satunya adalah larangan mengenakan batik motif Parang Lereng saat resepsi dan Ngunduh Mantu Kaesang dan Erina.

Juru Bicara Pernikahan Kaesang dan Erina, Gibran Rakabuming mengatakan aturan tersebut datang dari Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara (MN) X.

Dilansir dari Goodnewsfromindonesia.id, Jumat (9/12/2022), Batik Parang sangat ditinggikan di lingkungan Keraton Yogyakarta, Surakarta, Mangkunegaran, dan Pakualaman.  Disebut sebagai batik tertua, kain ini memiliki filosofi dan makna mendalam bagi yang menggunakan. 

Batik ini memiliki bentuk "S" yang memiliki makna jalinanan tak terputus yang berkaitan dengan upaya memperbaiki diri demi memperjuangkan kesejahteraan keluarga.

Pada garis diagonal dimotif ini melambangkan penghormatan dan cita-cita, serta kesetiaan. Dan pola parang sendiri disebut sebagai lambang kewaspadaan dan ketangkasan.

Batik Parang sendiri ternyata banyak jenis dan motifnya lho. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya dari berbagai sumber, Jumat (9/12/2022).

1. Parang Slobog

Parang Slobog biasanya digunakan dalam dua momen, yakni saat pelantikan jabatan dan juga upacara pemakaman. Batik Parang Slobog ini memiliki simbol kesabaran, keteguhan hati, dan ketelitian. Biasanya batik jenis ini digunakan oleh kaum laki-laki.

Editor : A.R Bacho

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut