get app
inews
Aa Read Next : Solidaritas Anak Vespa tak Diragukan Lagi, Bantu Bapak yang Alami Kerusakan Mesin di Jalan Raya

3 Penyebab Mobil Turun Mesin, Berawal dari Hal Sepele Ini

Senin, 02 Januari 2023 | 21:00 WIB
header img
Pemakaian mobil yang instens tanpa adanya perawatan menjadi salah satu penyebab utama mobil mengalami masalah. (Foto:lifepal)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Perawatan mesin mobil secara berkala perlu dilakukan. Ini penting dilakukan agar mobil tidak mogok hingga turun mesin.

Pemakaian mobil yang instens tanpa adanya perawatan menjadi salah satu penyebab utama mobil mengalami masalah. Perawatan diperlukan agar kondisi mobil tetap prima dan siap digunakan untuk bepergian kapan saja.

“Penyebab turun mesin sering terjadi akibat mesin over heat (terlalu panas). Biasanya nggak pernah ganti oli atau radiator bocor, jadi mesin nggak ada pendinginnya. Mesin bisa mati tiba-tiba trus nggak bisa dinyalain lagi,” kata Pongki, kepala mekanik Shop and Drive Citra Dua, saat dihubungi iNews.id beberapa waktu lalu.

Penyebab mobil turun mesin memang beragam, tapi hampir seluruh kasusnya itu berasal dari kelalaian pemilik. Berikut 3 penyebab mobil harus turun mesin yang diawali dari hal sepele.

1. Kualitas Oli Buruk

Oli merupakan elemen penting dalam sebuah mesin karena berfungsi untuk melumasi seluruh komponen di dalamnya. Kualitas oli yang bagus dapat meredam panas yang ada di dalam mesin akibat gesekan yang terjadi antar komponen.

Apabila oli dalam kualitas yang buruk atau berkurang, maka tidak akan mampu melumasi setiap komponen di dalamnya. Akibatnya, mesin terlalu panas dan berisiko mesin jebol sehingga harus melakukan turun mesin.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut