get app
inews
Aa Read Next : Mudik Lebaran 2024 : 14 Ruas Tol yang Beri Diskon Tarif Periode Lebaran 2024

REI Prediksi Harga Rumah Subsidi Bakal Naik Sampai 8% Tahun ini, PUPR : Urusan Harga di Kementerian

Jum'at, 20 Januari 2023 | 14:28 WIB
header img
Harga rumah subsidi akan naik hingga 8% tahun ini. (Foto/Ilustrasi : Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Harga rumah subsidi tahun 2023 akan naik sekitar 7% hingga 8% tahun ini. Demikian prediksi dari pihak Real Estat Indonesia (REI).

Sehubungan itu, pihak REI meminta pemerintah agar subsidi bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) bisa diperluas lagi kepada masyarakat berpenghasilan tanggung (MBT).

Direktur Rumah Umum dan Komersial Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Fitrah Nur mengaku, pihaknya sama sekali belum membahas wacana tersebut, karena keterbatasan kas negara yang dimiliki pemerintah saat ini.

Fiskal Pemerintah Terbatas

"Kami belum mewacanakan itu sama sekali, karena fiskal pemerintah sangat terbatas di tahun 2023," kata Fitrah di acara '99 Group Property Outlook 2023', yang digelar di kawasan Thamrin, Jakarta, Kamis (19/1/2023).

Dia memastikan, yang bisa dilakukan pemerintah saat ini terkait pemberian subsidi di sektor perumahan tersebut adalah menaikkan kuota fasilitas likuditas pembiayaan perumahan (FLPP) menjadi 220.000 unit rumah.

"Dengan jumlah uangnya mencapai sekitar Rp25 triliunan," ujarnya. Terkait dengan penetapan harga rumah subsidi, Fitrah menjelaskan bahwa kendalanya masih terkait dengan peraturan perpajakan.

Meskipun PP No. 49 tahun 2021 sebagai turunan dari UU No. 7 tahun 2021 tentang perpajakan sudah keluar, lanjut Fitrah, namun saat ini beleid tersebut masih harus menunggu Peraturan Menteri Keuangan (PMK).

"Usulan kita ke Kementerian Keuangan sudah masuk, istilahnya sekarang kita tinggal menunggu PMK-nya saja. Prediksi kita di awal tahun 2023 harga (rumah) baru sudah ada. Jadi bolanya itu sudah bukan di Kementerian PUPR sekarang, tapi di Kementerian Keuangan.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut