get app
inews
Aa Read Next : Royal Enfield Tawarkan Harga di Bawah Rp70 Jutaan untuk Shotgun 650  

Indonesia Kini Jadi Incaran Kolektor Motor, Inilah 4 Motor 2-Tak yang Langka

Rabu, 05 April 2023 | 05:18 WIB
header img
Yamaha RX-King salah satu motor langka yang dicari kolektor. (Foto : Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id -  Karakteristik mesin motor 2-Tak sangat khas. Jenis motor ini memiliki kelebihan dalam hal performa dan harga yang lebih murah dibandingkan dengan motor 4-Tak. Saat ini, motor 2-Tak semakin langka dan jarang ditemukan di jalan raya. 

Mesin motor 2-Tak hanya memerlukan 2 langkah dalam proses pembakaran bahan bakar, yaitu langkah kompresi dan langkah pembakaran. Berbeda dengan mesin 4-Tak yang memerlukan 4 langkah dalam proses pembakaran, yaitu masuk, kompresi, pembakaran, dan buang.

Karena mesin 2-Tak hanya memerlukan 2 langkah, maka mesin tersebut mampu menghasilkan daya yang lebih besar dibandingkan dengan mesin T-tak yang sama kapasitasnya.

Motor 2-Tak Sangat Populer

Karakteristik mesin ini membuat motor 2-Tak menjadi pilihan yang populer di Indonesia pada era 90-an hingga awal 2000-an. Saat itu, produsen motor seperti Yamaha, Suzuki, dan Honda mengeluarkan berbagai varian motor 2-Tak yang populer di pasaran, seperti Yamaha RX-King, Suzuki Satria, dan Honda NSR.

Motor-motor tersebut sangat digemari karena performanya yang tinggi dan harganya yang terjangkau. Namun, seiring dengan peraturan emisi gas buang yang semakin ketat, motor 2-Tak semakin langka di Indonesia.

Pada 2005, pemerintah Indonesia mengeluarkan peraturan yang melarang penggunaan motor 2-Tak di wilayah perkotaan sebagai upaya untuk mengurangi polusi udara.

Meskipun masih boleh digunakan di wilayah pedesaan, namun produsen motor memilih untuk berhenti memproduksi motor 2-Tak di Indonesia karena permintaan yang semakin menurun.

Saat ini, motor 2-Tak di Indonesia hanya dapat ditemukan di pasar motor bekas atau motor antik. Beberapa pecinta motor masih mengoleksi dan memperbaiki motor 2-Tak agar tetap dapat digunakan di jalan raya.

Meski demikian, perawatan mesin motor 2-Tak memerlukan keahlian khusus dan bahan bakar yang sesuai untuk menjaga performa mesin tetap baik.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut