get app
inews
Aa Read Next : HIKMAH JUMAT : Berdo’alah di Tiga Waktu Ini

HIKMAH JUMAT : Memaknai Hari Kemenangan

Jum'at, 21 April 2023 | 03:56 WIB
header img
Idul Fitri adalah hari kemenangan bagi umat Islam yang berhasil menjalankan ibadah puasa dan ibadah-ibadah lainnya di bulan suci Ramadhan. (Foto/Ilustrasi : Ist)

 

Kemenangan ditandai bukan dari pakaian dan perhiasan fisik yang baru, namun pola pikir dan kondisi batiniah yang mengantarkan seseorang untuk menjadi orang yang lebih taat kepada Allah dan Rasul-Nya serta memiliki kepedulian dan empati yang lebih baik kepada sesama.

Itulah hakikatnya takwa. Takwa adalah ketaatan kepada Allah dan Rasul-Nya dengan menjalankan sekuat tenaga segala hal yang diperintahkan serta menjauhi segala hal yang dilarang oleh Allah dan Rasul-Nya.

Takwa diimplementasikan dengan menjalankan berbagai ibadah sebagai perwujudan keshalihan individual, serta kepedulian dan empati kepada sesama sebagai perwujudan keshalihan sosial. Kedua hal inilah yang menjadi kunci penting dalam menjalani hidup dan kehidupan.

Baginda Rasulullah SAW bersabda: “Wahai manusia, tebarkan salam, berilah makan, sambunglah tali silaturrahmi, dan shalatlah pada malam hari saat manusia tertidur, niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat.” (HR. At-Tirmidzi, Ibnu Majah, Ahmad dan Ad-Darimi).

Ramadhan melatih dan mendidik umat Islam untuk menjadi insan yang kembali kepada fitrahnya, yaitu semakin mendekatkan diri kepada Allah dengan menegakkan ketentuan-ketentuan dalam agama Islam. Allah SWT berfirman yang artinya:

“Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama (Islam); (sesuai) fitrah Allah disebabkan Dia telah menciptakan manusia menurut (fitrah) itu. Tidak ada perubahan pada ciptaan Allah. (Itulah) agama yang lurus, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.” (QS. Ar-Rum [30]: 30).

Kembali ke fitrah. Inilah kemenangan yang hakiki yang diraih oleh umat Islam yang telah berhasil menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan. Kembali ke fitrah artinya kembali kepada asal manusia sebagai makhluk yang senantiasa ingin selalu berdekatan dengan Allah SWT.

Bulan suci Ramadhan adalah momentum bagi umat Islam untuk menjalankan berbagai syariat Islam. Tidak hanya yang wajib, bahkan yang sunnah pun dijalankan. Dengan menjalankan berbagai syariat Islam inilah, sejatinya umat Islam sedang dilatih untuk senantiasa berusaha kembali kepada fitrahnya yakni mendekatkan diri kepada Allah SWT.


Esensi dari kemenangan di hari raya Idul Fitri ini adalah bertambahnya ketundukan terhadap Allah SWT dan Rasul-Nya dengan penuh kesadaran. (Foto : Ist)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut