get app
inews
Aa Read Next : Gunakan Anak Ayam sebagai Aksesoris Kepala, Influencer Dikecam

RI Bikin Tiga Negara Ketar Ketir, Desak Pencabutan Larangan Ekspor Batu Bara

Selasa, 11 Januari 2022 | 10:35 WIB
header img
Kapal tongkang pengangkut batu bara melintas di Sungai Barito, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan, Sabtu (13/6/2020). FOTO/ANTARA/Makna Zaezar

  JAKARTA,iNewsSerpong.id – Keputusan Pemerintah Indonesia menutup keran ekspor batu bara selama Januari 2022, demi mengamankan pasokan domestik menuai protes sejumlah negara importir.

Tercatat sudah ada 3 negara yang teriak ke Pemerintah Indonesia agar larangan ekspor dihapuskan. Siapa saja negara tersebut? Berikut rangkumannya, ditulis Selasa (11/1/2022).

  1. Jepang

 Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji meminta Menteri ESDM untuk mencabut larangan ekspor ini. Pasalnya, beberapa pembangkit listrik dan manufaktur Jepang masih mengandalkan pasokan batubara dari Indonesia sekitar 2 juta ton per bulan.

"Larangan ekspor yang tiba-tiba berdampak serius pada aktivitas ekonomi Jepang dan kehidupan sehari-hari kami. Kami membutuhkan listrik yang cukup di musim dingin. Oleh karenanya, saya meminta agar larangan ini dicabut untuk Jepang," ujarnya dalam dokumen resmi, dikutip Minggu (9/1/2022).

Dirinya menawarkan alternatif agar pemerintah Indonesia tetap membuka ekspor batubara jenis High Calorific Value (HCV). "Jepang kebanyakan mengimpor batubara HCV dibandingkan Low Calorific Value (LCV) yang digunakan pembangkit PLN," katanya.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut