get app
inews
Aa Read Next : HIKMAH JUMAT : Fungsi Strategis Rumah dalam Islam  

HIKMAH JUMAT : Ada Apa dengan Alam Kita?

Jum'at, 08 September 2023 | 05:34 WIB
header img
Alam kita saat ini tidaklah dalam kondisi yang baik-baik saja. (Foto : Ist)

 

Lantas, apa yang harus kita lakukan agar alam kita kembali menjadi normal dan seimbang?

Banyak alternatif langkah strategis yang dapat kita lakukan. Salah satu langkah yang dapat kita lakukan adalah dengan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan beralih menggunakan sarana transportasi umum. Dengan langkah ini, maka polusi udara yang bersumber dari kendaraan bermotor dapat dikurangi.

Namun agar masyarakat mau beralih menggunakan kendaraan umum, masih ada catatan yang harus dipenuhi oleh pemerintah dan pihak-pihak terkait lainnya. Beberapa di antaranya adalah ketersediaan kendaraan umum yang dapat diakses dengan mudah, keamanan, kenyamanan, hingga berbiaya rendah.

Selanjutnya adalah menerapkan konsep industri hijau. Konsep industri hijau adalah konsep dimana setiap industri harus berproduksi dengan tanpa menghasilkan limbah (zero waste). Pemerintah dapat menjadikan peraturan industri hijau ini sebagai syarat untuk pendirian industri baru serta audit kelayakan keberlanjutan industri bagi industri yang telah ada.

Konsep ini telah diadopsi misalnya melalui penerapan sistem manajemen lingkungan dengan menggunakan ISO seri 14000. Dengan menerapkan ISO seri 14000, industri harus dapat memastikan bahwa sistem yang digunakannya tidak menimbulkan pencemaran terhadap lingkungan termasuk polusi udara.

Lebih jauh lagi, kita dapat menggunakan energi baru dan terbarukan. Penggunaan energi baru terbarukan adalah salah satu langkah tepat yang dapat kita lakukan untuk mengurangi pencemaran udara akibat penggunaan bahan bakar fosil.

Geothermal, biofuel, dan panel surya adalah beberapa contoh aplikasi dari konsep ini. Konsep ini memang masih terus dikaji dan disempurnakan dari waktu ke waktu. Salah satu kendala yang dijumpai pada saat penggunaan konsep ini secara massal adalah teknologi dan biaya yang masih tinggi.

Mari berperan untuk menjaga kelestarian dan keseimbangan alam, sebagai salah satu bentuk ibadah yang telah Allah SWT perintahkan, termasuk menjaga kualitas udara di lingkungan tempat kita tinggal agar tetap layak dan sehat. (*)


Melakukan kerusakan di muka bumi adalah salah satu bentuk kemaksiatan yang mengundang kemurkaan Allah SWT. (Foto : Ist)

Wallahu a’lam bish-shawab.

          

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut