get app
inews
Aa Read Next : Ketua KPU Terbukti Langgar Tata Cara dan Proses Rekapitulasi Pemilu 2024, Bawaslu Beri Sanksi

Dampak Tahun Politik pada Pasar Properti, Hunian Vertikal tetap Diminati

Sabtu, 11 November 2023 | 12:06 WIB
header img
Seminar dengan tema Bagaimana Pasar properti di Tahun Politik di Alam Sutera, Tangerang, Oktober lalu. (Foto : SINDOnews)

TANGERANG RAYA, iNewsSerpong.id - Selama tahun politik tetap memberi peluang pertumbuhan ekonomi. Pelaku industri properti sepakat bahwa menghadapi Pemilu 2024 adalah sebuah tantangan.

Senior Associate Director Research Colliers Indonesia, Ferry Salanto, menyatakan bahwa pada tahun 2024, proyeksi pertumbuhan industri properti sekitar 5% dan menunjukkan tanda-tanda stabilitas.

Meskipun demikian, properti juga mengalami siklus, dan saat ini, sektor hunian berada pada posisi siap untuk berkembang.

Industri Properti Tumbuh Lagi

Ferry Salanto menjelaskan bahwa kondisi properti sebelumnya terhambat selama tiga tahun akibat pandemi, tetapi saat ini mulai bergerak naik.

Meski demikian, banyak pengembang properti menahan diri dari pengembangan proyek baru. Beda dengan 5-7 tahun yang lalu ketika pembangunan apartemen cukup masif, terutama hunian vertikal.

"Saat ini, pembangunan proyek harus dilakukan dengan hati-hati," jelasnya.

Dalam konteks pasar apartemen, Ferry menyebut bahwa investor yang mencari yield semakin berkurang sejak tahun 2022.

Data menunjukkan bahwa pasar apartemen pada kuartal II 2023 didominasi oleh end user sebanyak 54%, yang membeli berdasarkan progres proyek atau produk yang sudah jadi, menunjukkan kepercayaan diri yang lebih besar.

Ferry juga menyoroti bahwa end user saat ini membeli properti untuk dihuni dan memandangnya sebagai waktu yang tepat untuk berinvestasi.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut