get app
inews
Aa Read Next : HIKMAH JUMAT : Fungsi Strategis Rumah dalam Islam  

HIKMAH JUMAT : Hidup Adalah Rangkaian Ujian

Jum'at, 24 November 2023 | 04:56 WIB
header img
Setiap ujian yang dihadapi pasti sudah disesuaikan kadar atau bobotnya dengan kualitas jiwa dan keimanan. (Foto : Ist)

Sekali lagi, sikapilah ujian ini dengan sikap yang terbaik, yakni bersabar. Bersabar memang gampang diucapkan, tetapi sulit untuk dipraktikkan. Namun yakinlah, bahwa kita harus dan pasti bisa untuk bersabar dalam menyikapi rangkaian ujian yang kita hadapi.

Jangan sampai kita salah dalam bersikap dalam menghadapi rangkaian ujian kehidupan yang dapat menyebabkan datangnya murka Allah SWT. Dalam sebuah hadits qudsi, Allah SWT berfirman yang artinya:

“Siapa saja yang tidak rela menerima ketetapan-Ku (takdir-Ku) dan tidak sabar menghadapi ujian-ujian-Ku kepada dirinya, silakan dia mencari Tuhan selain Aku.” (HR. Ath-Thabrani dan Ibnu ‘Asakir).

Mengerikan bukan? Kepada siapa lagi kita akan berkeluh-kesah, jika bukan kepada Allah? Kepada siapa lagi kita akan memohon pertolongan, jika bukan kepada Allah? Allah-lah yang memberikan ujian kepada kita, maka Allah pulalah yang akan memberikan jalan keluarnya.

Pembaca yang budiman, ketahuilah bahwa ujian itu bukanlah selalu dalam bentuk kesulitan. Sejatinya, ujian yang terberat adalah ujian dalam bentuk kenikmatan. Betapa banyak manusia yang tergelincir dan akhirnya gagal melalui ujian dalam bentuk kenikmatan, kemudahan, kemewahan, dan bentuk-bentuk kesenangan lainnya.

Demi meraih kenikmatan atau bentuk kesenangan lainnya, banyak manusia yang akhirnya menghalalkan segala cara. Ketika kenikmatan itu pun diberikan oleh Allah SWT, manusia tersebut juga lupa untuk bersyukur, seolah-olah kenikmatan yang diraihnya bukan atas kemurahan Allah.

Perhatikanlah firman Allah SWT yang artinya: “Bermegah-megah telah melalaikan kamu, sampai kamu masuk ke dalam kubur. Sekali-kali tidak! Kelak kamu akan mengetahui (akibat perbuatanmu itu), kemudian sekali-kali tidak! Kelak kamu akan mengetahui.” (QS. At-Takatsur [102]: 1-4).

Begitulah hidup, setiap harinya adalah ujian. Hari-hari yang kita lalui, adalah rangkaian ujian demi ujian yang harus kita sikapi dengan baik. Diuji dengan kesulitan kita sikapi dengan kesabaran, diuji dengan kenikmatan kita sikapi dengan syukur. Dengan sabar dan syukur itulah, kita pantas menjadi penghuni surganya Allah SWT. (*)

 


Allah SWT menjamin bahwa dalam setiap kesulitan apa pun yang kita hadapi,  pasti Allah akan berikan kemudahan. (Foto : Ist)
 

Wallahu a’lam bish-shawab.

 

          

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut