get app
inews
Aa Read Next : Bahan Bakar Mobil Boros? Cermati 9 Sumber Penyebab

Perhatikan Tekanan Angin, Salah Satu Penyebab Ban Botak Sebelah

Senin, 11 Desember 2023 | 05:00 WIB
header img
Ban adalah komponen mobil yang terus bersentuhan dengan aspal, mengalami keausan seiring waktu. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Ban salah satui faktor utama dalam kenyamanan berkendara. Jika kondisinya tidak optimal, penumpang akan merasa tidak nyaman, dan stabilitas kemudi juga terganggu.

Ban juga merupakan komponen yang terus bersentuhan dengan aspal sehingga dapat mengalami keausan seiring waktu. Namun, seringkali terjadi masalah ketika ban mengalami keausan hanya pada satu sisi.

Kurangi Kenyamanan Berkendara

Umumnya, ban akan mengalami keausan secara merata karena digunakan dalam intensitas yang sama. Namun, keausan pada satu sisi merupakan masalah yang kerap terjadi pada kendaraan roda empat ini.

Kondisi tersebut dapat mengurangi kenyamanan dalam berkendara. Berikut adalah penyebab umum keausan ban pada satu sisi yang dibagikan oleh Suzuki.

1. Kelebihan Beban

Kelebihan beban pada satu sisi bisa menjadi penyebab ban mobil aus pada sisi tersebut. Ketidakseimbangan beban dapat mengganggu stabilitas dan kinerja kendaraan.

Hal ini juga dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar dan mengurangi efisiensi kendaraan. Pembagian beban yang merata sangat penting untuk menjaga kinerja ban mobil.

 2. Sudut Kemiringan Ban yang Tidak Lurus

Jika sudut kemiringan ban tidak diatur dengan benar, permukaan ban tidak akan menyentuh medan jalan secara rata.

Bila sudutnya tidak rata, sebagian permukaan ban akan lebih condong ke arah luar. Hal ini disebabkan oleh pengaturan sudut yang kurang teliti saat spooring, proses untuk mengatur toe in dan toe out sesuai standar mobil.

3. Tekanan Angin yang tidak Sesuai

Tekanan angin pada ban harus sesuai dengan pedoman agar performa optimal. Jika tekanan angin tidak sesuai, sisi ban akan cepat aus.

Tekanan angin yang terlalu rendah membuat sisi luar ban aus lebih cepat, sedangkan tekanan terlalu tinggi menyebabkan sisi tengah ban aus lebih dulu.

4. Pengaturan Suspensi yang Tidak Tepat

Pengaturan suspensi yang tidak tepat dapat membuat salah satu sisi ban tidak menapak ke permukaan jalan secara sempurna. Ini dapat menyebabkan salah satu sisi ban lebih cepat aus.

Suspensi yang tidak teratur juga dapat mempengaruhi area camber, mempercepat keausan ban dalam.

Penting untuk memeriksa dan memastikan tekanan angin, pembagian beban, serta pengaturan suspensi secara berkala untuk menjaga kinerja ban dan kenyamanan dalam berkendara. (*)

 

 

 

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut