get app
inews
Aa Read Next : Motor 2.000 cc 8 Silinder dari GWM China Segera Perkenalkan  

Ganti Ban Motor Asal Pasang Saja, Waspada Punya Risiko Tinggi

Minggu, 17 Desember 2023 | 05:00 WIB
header img
Sepeda motor memiliki ukuran ban yang sangat beragam, terutama motor matic. (Foto: Autopro)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Pergantian ban pada sepeda motor seringkali dilakukan, mulai dari ukuran serupa hingga perubahan ukuran. Namun, terkadang kesesuaian ukuran tak diperhatikan dengan cermat.

Saat ini, sepeda motor memiliki beragam ukuran ban, terutama pada motor matic yang kian bervariasi. Dulu, roda motor matic umumnya 14 inci, namun kini tersedia dalam berbagai dimensi, mulai dari 12, 13, hingga 16 inci.

Ragam ukuran ban pabrikan juga membingungkan pemilik sepeda motor, yang membuat pemahaman yang lebih baik menjadi krusial. Sebabnya, mengganti ban motor tanpa mengikuti standar bisa berdampak negatif.

Sepeda Motor tidak Stabil

Menurut Amin, seorang mekanik dari Planet Ban kepada MNC Portal, "Penggunaan ban yang tidak standar, terutama jika ukurannyadiperkecil pada penggunaan sehari-hari, cenderung mengurangi stabilitas. Begitu juga jika diperbesar, bisa memberikan dampak buruk dengan peningkatan beban tarikan."

Amin menambahkan bahwa modifikasi ukuran ban, baik pengerucutan atau penambahan ukuran, memang bisa dilakukan, namun harus tetap berada dalam batas standar pabrik untuk menjaga keselamatan.

"Asal ukurannya masih relatif dekat dengan standar atau ukuran aslinya saat diubah, itu masih aman. Tapi jika sudah terlalu berbeda, misalnya dari 90/90 menjadi 120/90, itu sudah terlalu ekstrem dan berbahaya," tuturnya.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut