get app
inews
Aa Read Next : HIKMAH JUMAT : Tahun Baru, Semangat Baru

Waspada dengan Microsleep Perhatikan Waktu Ideal Berkendara saat Libur Nataru

Minggu, 17 Desember 2023 | 10:40 WIB
header img
Hindari bahaya microsleep saat mengemudi. (Foto: Ist)

Sony menjelaskan, tanda-tanda kurangnya konsentrasi pengemudi, seperti kecepatan yang tidak stabil dan seringnya kendaraan keluar jalur.

Meskipun pengemudi mungkin terlihat segar, konsentrasinya telah menurun secara signifikan dan pengendalian tubuh menjadi lebih tergantung pada alam bawah sadar.

"Istirahatlah selama 15 hingga 30 menit setelah 3 jam berkendara di area istirahat atau stasiun bensin terdekat. Ini penting untuk merilekskan tubuh dan menghilangkan kejenuhan setelah beberapa jam di dalam mobil," jelas Sony.

Berbagai penelitian ilmiah menunjukkan bahwa tubuh manusia memerlukan waktu untuk memulihkan konsentrasi dan refleks. Ini krusial untukmenghindari risiko kecelakaan akibat kelelahan atau gangguan tidur singkat.

Sony menyarankan untuk beristirahat maksimal 4 jam setelah berkendara, terutama dalam situasi kemacetan. Menonaktifkan mesin mobil saat beristirahat juga penting untuk mencegah overheat. (*)


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Hindari Microsleep, Simak Waktu Ideal Berkendara saat Libur Nataru ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/otomotif/mobil/hindari-microsleep-simak-waktu-ideal-berkendara-saat-libur-nataru.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut