get app
inews
Aa Read Next : Ketua KPU Terbukti Langgar Tata Cara dan Proses Rekapitulasi Pemilu 2024, Bawaslu Beri Sanksi

Debat Ketiga Pilpres 2024, Kemlu RI : Semoga Isu Polugri Tersorot

Jum'at, 05 Januari 2024 | 06:44 WIB
header img
Jubir Kemlu, Lalu Muhammad Iqbal (foto: MPI)

JAKARTA, iNewsSerpong.id – Pelaksanaan debat calon presiden (capres) akan digelar di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (7/1/2024). Rencananya, tema yang akan diangkat dalam debat ketiga Pilpres 2024 ini adalah pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik dan politik luar negeri. 

Terkait substansi debat, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Lalu Muhammad Iqbal berharap, isu politik luar negeri (Polugri) dapat disoroti capres dalam debat ini. Sebab isu tersebut memiliki dampak yang besar terhadap Indonesia. 

"Yang jelas, isu politik luar negeri belum menjadi isu yang dilirik oleh kebanyakan masyarakat. Kami harapkan dalam perdebatan nanti, perhatian jadi lebih besar untuk isu politik luar negeri, khususnya yang memiliki dampak langsung ke masyarakat," kata Lalu di Jakarta, Kamis (4/1/2024). 

Dia menegaskan, Kemlu telah menyiapkan informasi mengenai isu-isu internasional jika nantinya diminta Komisi Pemilihan Umum (KPU). Namun, belum ada permintaan tersebut dari KPU.

"Sejauh ini KPU belum minta, tapi kalau nanti KPU meminta kira siap memberikan bantuan," kata Lalu.  

Lalu memastikan, Kemlu memiliki kewajiban memberikan informasi kepada siapa pun terkait isu internasional. Termasuk kepada partai politik dan capres. 

"Siapa pun yang meminta informasi dari Kemlu, kita akan memberikan informasi itu, karena itu kewajiban Kemlu seperti dalam UU Keterbukaan Informasi. Jadi siapa pun, apakah parpol atau capres atau masyarakat sipil, pasti kita akan memberikan informasi yang sama," katanya.


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Kemlu Berharap Isu Politik Luar Negeri Disoroti di Debat Ketiga Pilpres 2024 ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/nasional/kemlu-berharap-isu-politik-luar-negeri-disoroti-di-debat-ketiga-pilpres-2024/all.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Editor : A.R Bacho

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut