get app
inews
Aa Read Next : Ketua KPU Terbukti Langgar Tata Cara dan Proses Rekapitulasi Pemilu 2024, Bawaslu Beri Sanksi

Rabu 7 Februari Hari Terakhir Urus Pindah TPS untuk 4 Kondisi, Cek Tata Cara dan Prosedurnya 

Rabu, 07 Februari 2024 | 04:45 WIB
header img
KPU mengingatkan Rabu, 7 Februari 2024 jadi hari terakhir pengurusan pindah tempat memilih Pemilu 2024 atau TPS khusus untuk empat kondisi. (Foto: iNews Media)

JAKARTA, iNewsSerpong.id – Pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2024 tinggal beberapa hari. Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengingatkan pengurusan pindah tempat memilih Pemilu 2024 atau TPS khusus untuk empat kondisi, akan berakhir pada Rabu, 7 Februari 2024. Panitia Pemungutan Suara (PPS) akan melayani hingga pukul 23.59 waktu setempat.  

Menurut Anggota KPU RI Betty Epsilon Idroos, empat kondisi yang bisa pindah tempat memilih dimaksud, yakni bertugas di tempat lain, menjalani rawat inap (sakit), menjadi tahanan rutan atau lapas dan tertimpa bencana alam. 

"Pindah memilih sesuai dengan ketentuan selambat-lambatnya H-7, yaitu tepat pada tanggal 7 Februari 2024 dan kantor kami akan dibuka sampai dengan pukul 23.59. Kantor yang dimaksud adalah KPU kabupaten/kota, PPK, dan atau PPS," ujar Betty, Rabu (7/2/2024). 

Syarat masyarakat yang ingin mengajukan pindah tempat memilih, namanya wajib terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024. Selain empat kondisi tersebut, KPU sudah tidak melayani.

"Terdaftar dulu dalam DPT dan membawa dokumen pendukung karena empat alasan tadi.  Di luar empat alasan tidak diterima untuk pindah memilih sampai dengan H-7 selambat-lambatnya sebagaimana ketentuan yang sudah diatur," katanya.

Sementara itu, dikutip dari situs resmi KPU, pemilih yang sudah terdaftar dalam DPT dapat mengajukan pindah memilih atau pindah TPS pada Pemilu 2024 bila berada di tempat yang tak sesuai dengan alamat KTP-elektroniknya.

KPU sudah mengaturnya pada Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penyusunan Daftar Pemilih Dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum dan Sistem Informasi Data Pemilih. 

Tata Cara dan Prosedur untuk Pengajuan Pindah Memilih Pemilu 2024: 

1. Datang langsung ke Panitia Pemungutan Suara (PPS), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) atau KPU Kabupaten/Kota. 

2. Bawa bukti pendukung alasan pindah memilih (Misalkan karena tugas, bawa surat tugas) 

3. KPU akan memetakan TPS mana di sekitar tempat tujuan (masuk di Daftar Pemilih Tambahan atau DPTb) 

4. Pemilih diberikan bukti dari KPU berupa formulir A-Surat Pindah Memilih 

Untuk menggunakan hak pilihnya di TPS tujuan, pemilih yang terdaftar dalam DPTb dapat melaporkan kepada PPS, PPK atau KPU kabupaten/kota tempat asal atau tempat tujuan paling lambat tujuh hari sebelum hari pemungutan suara. 

Saat melaporkan diri untuk pindah memilih, calon pemilih harus membawa atau menunjukkan e-KTP atau KK dan melampirkan salinan formulir Model A-Tanda Bukti Terdaftar sebagai pemilih dalam DPT di TPS asal.


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Besok 7 Februari Hari Terakhir Urus Pindah TPS untuk 4 Kondisi, Cek Tata Cara dan Prosedurnya ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/nasional/besok-7-februari-hari-terakhir-urus-pindah-tps-untuk-4-kondisi-cek-tata-cara-dan-prosedurnya/all.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Editor : A.R Bacho

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut