Logo Network
Network

Wow! Kota Ini Punya 37 Juta Jiwa, Inilah 5 Kota Terpadat Di Dunia

Wilda Fajriah
.
Minggu, 06 Februari 2022 | 08:39 WIB
Wow! Kota Ini Punya 37 Juta Jiwa, Inilah 5 Kota Terpadat Di Dunia
Tokyo, Jepang (Freepik)

JAKARTA, iNewsSerpong.id – Saat dunia terus mengalami urbanisasi, beberapa negara akan mengalami banyak pertumbuhan. Antara 2018 dan 2050, PBB memperkirakan 35 persen urbanisasi akan terjadi di India, China dan Nigeria.

Sekitar 55 persen dari penduduk dunia tinggal di perkotaan. Pada 2050, Department of Economic and Social Affairs memperkirakan angka tersebut akan melonjak menjadi 68 persen.

Dirangkum MNC Portal dari kanal Youtube Invoice Indonesia, berikut 5 kota dengan penduduk terbanyak atau terpadat di dunia.

5. Kota Meksiko

Kota Meksiko adalah ibukota sekaligus kota terbesar dari negara Meksiko. Selain itu, kota ini juga merupakan wilayah terpadat di Amerika Utara. Pada 1990-an, Kota Meksiko dikenal sebagai salah satu kota paling tercemar di dunia. Namun, kini kota tersebut telah menjadi model untuk menurunkan tingkat populasi secara drastis.

San Miguel de Allende di Meksiko (Shutterstock)

Pada 2014, polusi karbon monoksida turun secara drastis. Sementara tingkat sulfur dioksida dan nitrogen dioksida hampir 3 kali lebih rendah sejak 1992. Jumlah populasi Kota Meksiko saat ini mencapai 21.671.908 jiwa per 2020 yang membuatnya mendapatkan peringkat ke 5 sebagai kota terpadat di dunia.

4. Sao Paulo, Brazil

Sao Paulo Brazil mendapatkan peringkat ke 4 sebagai kota dengan penduduk terbanyak di dunia, dengan populasi penduduk mencapai 21.846.507 jiwa per 2020. Dengan penduduk yang banyak, menjadikan Sao Paulo memiliki ekonomi terbesar berdasarkan PDB di Amerika Latin dan belahan bumi selatan.

Sao Paulo (The Culture Trip)

Sehingga, Sao Paulo juga memberikan pengaruh internasional yang kuat dalam perdagangan, keuangan, seni, dan hiburan. Sao Paulo adalah kota kosmopolitan serta rumah terbesar bagi diaspora Arab, Italia, Jepang, dan Portugis. Pada 2016, peduduk kota ini berasal dari 200 negara yang berbeda.

3. Shanghai, China

Peringkat ketiga kota dengan penduduk terbanyak di dunia ditempati oleh kota terbesar dari negara China, yakni Shanghai. Kota yang awalnya hanya sebagai desa nelayan dan pasar ini semakin berkembang pada abad ke 19. Hal tersebut terjadi karena perdagangan dan lokasi pelabuhannya yang menguntungkan.

Shanghai adalah salah satu kota dari lima pelabuhan yang dibuka paksa untuk perdagangan luar negeri setelah perang candu pertama. Shanghai kemudian berkembang pesat menjadi pusat komersial dan keuangan utama di kawasan Asia Pasifik pada 1930-an. Dengan populasi penduduk mencapai 26.317.104 jiwa per 2020, Shanghai adalah perkotaan yang padat di Tiongkok.

Follow Berita iNews Serpong di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini