get app
inews
Aa Read Next : Lewat Smartphone, 5 Cara Bikin Konten Ramadan yang Berkesan

Sambut Ramadan dengan 7 Amalan Lengkap dengan Bacaan Doa

Senin, 11 Maret 2024 | 11:17 WIB
header img
Sejumlah santri melakukan pawai menyambut datangnya Bulan Ramadhan yang penuh berkah. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Bulan Ramadhan yang dinanti-nantikan segera tiba. Umat Islam patut menyambut bulan suci itu dengan penuh kegembiraan dan suka cita. Selain itu, melakukan berbagai amalan saleh menjelang Ramadhan. 

Tahun ini, sesuai kalender awal Puasa Bulan Ramadhan jatuh pada Selas, 12 Maret 2024. Namun, keputusan awal 1 Ramadhan 1445 H/ 2024 masih harus menunggu sidang isbat yang akan digelar Kementerian Agama (Kemenag).

Bulan Ramadan adalah anugerah dan nikmat yang agung yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada umat Nabi Muhammad SAW. Selain diwajibkan berpuasa sebulan penuh, umat Islam juga dianjurkan banyak melakukan amalan ibadah sunnah seperti salat tarawih, sedekah, tadarus Alquran dan lain sebagainya. 

Bulan Ramadhan juga sangat besar keutamaannya karena di bulan suci itu semua amal ibadah dilipatgandakan pahalanya.

Di dalamnya terdapat keutamaan- keutamaan dan hikmah khusus yang diberikan Allah kepada hambanya yang ikhlas dan tulus menjalankan ibadah puasa, serta ibadah-ibadah lainnya.

Dalil diwajibkannya puasa di Bulan Ramadhan termaktub dalam Al Quran, Surat Al Baqarah Ayat 183. Allah SWT berfirman:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ كُتِبَ عَلَيۡكُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبۡلِكُمۡ لَعَلَّكُمۡ تَتَّقُونَ

“Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atasmu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelummu agar kamu bertakwa”. (QS. al-Baqarah, 2:183).

Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya: Dari Abu Hurairah r.a., Nabi SAW bersabda: “Siapa yang melaksanakan puasa Ramadhan dengan keimanan dan keikhlasan, maka diampuni dosanya yang telah berlalu”. (Hadis Shahih, riwayat al-Bukhari: 37 dan Muslim: 1266).
Karena itu, menyambut bulan Ramadhan yang penuh kemuliaan sudah seharusnya umat Islam mempersiapkan diri baik fisik maupun mental. Berikut ini beberapa amalan yang bisa dilakukan menyambut Bulan Ramadhan.

7 Amalan Menjelang Ramadhan

1. Membaca Doa Menyambut Ramadhan

Amalan menyambut Bulan Ramadhan yang pertama dilakukan agar bisa bertemu bulan suci itu yakni membaca doa sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ سَلِّمْنـِي إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـي رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِي مُتَقَبَّلاً

“Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan.” (Lathaif Al-Ma’arif, hlm. 264)

Doa menyambut Bulan Ramadhan lainnya seperti yang diriwayatkan oleh sahabat Anas bin Malik ra dari Nabi Muhammad SAW:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجب وَشَعْبَانَ ، وَبَلغنَا رَمَضَانَ

Latin: Allahumma baariklanaa fii rajaba wa sya'baana wa ballighnaa ramadhoona.

Artinya: “Ya Allah berkahilah kami pada bulan rajab dan sya’ban, dan sampaikan kami di bulan ramadhan.”

Doa Melihat Hilal Ramadhan

اللَّهُمَّ أَهْلِلْهُ عَلَيْنَا بِاْلأَمْنِ وَاْلإِيْمَانِ وَالسَّلاَمَةِ وَاْلإِسْلاَم رَبِّيْ وَرَبُّكَ اللهُ هِلاَلَ رُشْدٍ وَخَيْرٍ

Allahumma ahlilhu 'alayna bil-amni wal iimaani wassalaamati wal islaami, Robbii wa Robbukallahu, hilala rusydin wa khoirin.

Artinya: Ya Allah, Jadikanlah bulan ini kepada kami dalam kondisi aman dan hati kami penuh dengan keimanan, dan jadikanlah pula bulan ini kepada kami dengan kondisi selamat dan hati kami penuh dengan keislaman. Rabb ku dan Rabb mu Allah. Bulan petunjuk dan bulan kebaikan.” (HR. Turmudzi).  

2. Meminta Maaf

Amalan menyambut Ramadhan berikutnya yakni saling meminta maaf. Secara umum saling bermaafan itu dilakukan kapan saja, tidak harus menunggu momen Ramadhan atau Idul Fithri. Karena memang tidak ada hadits atau atsar yang menunjukkan ke arah sana.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut