get app
inews
Aa Read Next : HIKMAH JUMAT : Berdo’alah di Tiga Waktu Ini

HIKMAH JUMAT : Semuanya akan Berlalu

Jum'at, 26 April 2024 | 06:07 WIB
header img
Jangan terpesona dengan kenikmatan dan gemerlapnya kehidupan dunia. (Foto: Ist)

Dalam ayat yang lain Allah SWT berfirman yang artinya: “Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat, maka (kejahatan) itu bagi dirimu sendiri ...” (QS. Al-Isra [17]: 7).

Dengan kata lain, apa pun perbuatan yang kita lakukan maka sejatinya perbuatan itu akan kembali kepada diri kita sendiri. Oleh karena itu, jadikan segala bentuk kemudahan, kejayaan, kebahagiaan, dan kekuasaan yang kita miliki saat ini, sebagai penyebab datangnya kebaikan yang lain untuk diri kita.

Sekali lagi, kita harus ingat bahwa semuanya itu akan berlalu. Jangan terlena menikmati segala kemudahan yang Allah berikan, sehingga membuat kita menunda-nunda untuk melakukan kebaikan kepada orang lain.

Janganlah kenikmatan yang Allah berikan kepada kita membuat kita sombong, karena sejatinya segala bentuk kemudahan dan kenikmatan itu Allah pergilirkan kepada siapa saja yang Dia kehendaki. Sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur’an surat Ali Imran [3] ayat 26 yang artinya:

Katakanlah (Muhammad): “Wahai Tuhan pemilik kekuasaan, Engkau berikan kekuasaan kepada siapa pun yang Engkau kehendaki, dan Engkau cabut kekuasaan dari siapa pun yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan siapa pun yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan siapa pun yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sungguh, Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Simak pula firman Allah pada surat yang sama ayat ke-27 yang artinya: “Engkau masukkan malam ke dalam siang dan Engkau masukkan siang ke dalam malam. Dan Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati, dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup. Dan Engkau berikan rezeki kepada siapa saja yang Engkau kehendaki tanpa perhitungan.”

Jelaslah sudah, bahwa semua yang ada di dunia ini, apa pun itu, bahkan termasuk diri kita sendiri, semuanya akan berlalu dan binasa. Ingatlah, apa pun yang kita hadapi saat ini, suka maupun duka, lapang maupun sempit, semuanya pasti berlalu karena tak ada yang abadi di dunia yang fana ini. (*)


Jangan terlena menikmati segala kemudahan yang Allah berikan, sehingga menunda melakukan kebaikan kepada orang lain. (Foto: Ist)

    

Wallahu a’lam bish-shawab.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut