get app
inews
Aa Read Next : Demi Layani Jemaah Haji, Dokter Saudi tak Hadiri Pemakaman Ayahnya

HIKMAH JUMAT : Dahsyatnya Ibadah Haji

Jum'at, 24 Mei 2024 | 05:40 WIB
header img
Kewajiban ibadah haji, tidak dibebankan kepada seluruh umat Islam, hanya kepada umat Islam yang mampu untuk melaksanakan. (Foto: Ist)

Beberapa kedahsyatan atau keutamaan ibadah haji dapat dipaparkan berikut ini.

Menghapus Dosa Masa Lalu

Bagi seorang jemaah haji yang memperoleh predikat haji mabrur, maka Allah SWT memberikan balasan yakni dihapuskannya dosa-dosa masa lalu. Hal ini ditegaskan oleh Baginda Rasulullah SAW melalui sabdanya: “Barangsiapa yang berhaji lalu ia tidak berkata kotor dan tidak berbuat fasik, diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. At-Tirmidzi).

Membuat Seseorang Suci Laksana Bayi yang Baru Lahir

Ampunan yang Allah berikan kepada seorang jemaah haji yang mabrur, membuat orang tersebut kembali suci laksana bayi yang baru lahir. Hal ini ditegaskan oleh Baginda Rasulullah SAW dalam sabdanya: “Barangsiapa yang melaksanakan haji di Baitullah ini kemudian tidak berkata kotor dan tidak berbuat fasik maka dia kembali keadaannya seperti saat dilahirkan oleh ibunya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Ibadah yang Paling Utama Setelah Beriman dan Berjihad

Dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah diceritakan bahwa seseorang bertanya kepada Baginda Rasulullah SAW tentang amalan apa yang paling utama. Baginda Rasulullah SAW menjawab: “Iman kepada Allah dan Rasul-Nya.” Kemudian ia bertanya lagi: “Lalu apa lagi?” Baginda Rasulullah SAW menjawab: “Kemudian jihad di jalan Allah.” Kemudian ia bertanya lagi: “Lalu apa lagi?” Baginda Rasulullah SAW menjawab: “Kemudian haji mabrur.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Pahalanya Setara dengan Jihad fi Sabilillah

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad diketahui bahwa Ibunda Siti Aisyah bertanya kepada Baginda Rasulullah SAW: “Wahai Rasulullah, apakah tidak sebaiknya kami keluar ikut berjihad bersamamu?” Baginda Rasulullah SAW menjawab: “Tidak, jihad kalian adalah haji mabrur dan itu adalah jihad bagi kalian.”

Pahalanya Dilipatgandakan Hingga Tujuh Ratus Kali Lipat

Dalam sebuah hadits dari Buraidah RA bahwa Baginda Rasulullah SAW bersabda: “Biaya berhaji sama dengan biaya yang dikeluarkan dalam berjihad di jalan Allah SWT dia akan dilipatgandakan sehingga mencapai tujuh ratus kali lipat.” (HR. Ahmad).

Balasan Haji Mabrur adalah Surga

Tidak ada balasan yang lebih pantas bagi seseorang yang memperoleh haji mabrur kecuali surga. Demikian disabdakan oleh Baginda Rasulullah SAW yang artinya: “Umrah ke umrah yang lainnya adalah penebus dosa antara keduanya, dan haji yang mabrur tidak ada pahala baginya selain surga.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Penyebab Datangnya Kekayaan

Dalam sebuah hadits yang berasal dari Ibnu Abbas radhiallahu anhuma bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: “Ikutilah antara haji dan umrah sebab keduanya menghapus kefakiran dan dosa-dosa sebagaimana tempaan besi menghapus karat besi.” (HR. An-Nasa’i).

Demikianlah beberapa kedahsyatan atau keutamaan dari ibadah haji baik dari segi duniawi maupun ukhrawi. Seluruh kedahsyatan atau keutamaan itu pasti Allah Ta’ala berikan kepada siapa pun jemaah haji yang memperoleh predikat haji mabrur.

Selamat jalan bagi seluruh jamaah haji Indonesia, teriring do’a dan harapan semoga seluruh jamaah haji Indonesia dapat meraih predikat haji mabrur. Bagi siapa saja yang belum berkesempatan pergi ibadah haji tahun ini, semoga Allah berikan kesempatan dan kemampuan di tahun-tahun yang akan datang. Aamiin. (*)    


Ibadah yang paling utama setelah beriman dan berjihad. Pahalanya setara dengan Jihad fi Sabilillah. (Foto: Ist)
 

Wallahu a’lam bish-shawab.

          

 

 

 

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut