get app
inews
Aa Read Next : 7 Fakta Jasad Dua Wanita Dicor di Bekasi, Salah Seorang Korban Masih Kerabat Pelaku

6 Cara Beli Rumah Dengan Gaji Rp 5 Juta

Sabtu, 16 April 2022 | 22:54 WIB
header img
Tips membeli rumah dengan gaji Rp 5 juta. (Foto : SINDOnews)

2. Cari Skema Pembelian Rumah

Cara beli rumah gaji 5 juta Anda bisa memilih skema KPR subsidi maupun komersial. Mengingat rentang harga jual rumah subsidi masih banyak yang harganya di bawah Rp 200 juta per unit, dengan gaji sebesar Rp5 juta juga bisa mendapat cicilan kredit di bawah 35 persen penghasilan (gaji) bulanan.

Jika ingin ingin memiliki hunian dengan kualitas yang lebih baik ketimbang subsidi, bisa memilih skema KPR Komersial bisa dengan gaji Rp5 juta.

3. Lakukan Pelunasan Hutang

Jika memiliki utang, sebaiknya segera lunasi agar beban keuangan Anda akan berkurang ringan. Proses menabung akan jauh lebih mudah dan menyenangkan jika anda tak lagi memiliki beban utang.

Dengan demikian, akan lebih fokus pada kegiatan menabung ketika tidak ada beban cicilan/utang.

4. Alokasikan 30% Untuk Cicilan DP

Prinsipnya, KPR adalah program yang membiayai terlebih dahulu pembelian rumah. Jadi, tanggung jawab untuk membayar rumah akan beralih ke pihak bank, lalu nanti Anda akan mencicilnya ke Bank.

Namun sebelum itu, perlu memenuhi uang muka atau DP yang tidak sedikit. Bank umumnya akan membebankan DP sebesar 20-30% dari nilai penjualan rumah. Misalnya saja membeli rumah seharga Rp200 juta. Maka DP yang perlu dikeluarkan adalah sekitar Rp40 - 80 juta rupiah.

5. Jangan Boros

Cara beli rumah gaji 5 juta berikutnya adalah jangan boros. Manfaatkanlah anggaran ini dengan bijak, jangan sampai mengganggu pos tabungan untuk DP dan cicilan rumah.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut