get app
inews
Aa Read Next : HIKMAH JUMAT : Obral dan Diskon Besar ala Ramadhan

HIKMAH JUMAT : Implementasi Nilai-nilai Shalat

Jum'at, 17 Februari 2023 | 04:30 WIB
header img
Shalat dapat mencegah dari perbuatan keji dan munkar. (Foto : Ist)

Jika shalat seorang hamba dilakukan dengan cara seperti itu secara terus menerus, maka hasrat untuk beramal shalih akan terus bertambah, sedangkan hasrat untuk bermaksiat semakin berkurang dan terus berkurang, hingga pada akhirnya dapat menghilang.

Dengan demikian maka hubungan sang hamba dengan sang khalik, Allah SWT, akan semakin kuat dan dekat. Hubungannya dengan Allah SWT akan semakin baik, sehingga Allah SWT menurunkan penjagaan-Nya bagi sang hamba.

Shalat seperti yang dijelaskan di atas, adalah bentuk shalat yang berkualitas. Shalat yang berkualitas akan mampu mengubah kehidupan seseorang menjadi lebih bermakna, baik dalam kehidupan individu maupun sosial. 

Nah, peringatan Isra Mi’raj ini merupakan momentum bagi kita untuk kembali mengevaluasi kualitas shalat yang kita lakukan. Sudahkah shalat yang kita lakukan selama ini, mampu mencegah diri kita dari perbuatan keji dan munkar?

Pertanyaan selanjutnya adalah; sudahkah kita mengambil dan mengimplementasikan ibrah (pelajaran) dari nilai-nilai yang terkandung dalam shalat?

Di antara nilai-nilai shalat yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari adalah:

Pertama, shalat mengajarkan kepada kita untuk senantiasa menjaga kesucian diri dari berbagai ucapan, perbuatan dan sifat-sifat yang tercela. Sepanjang melaksanakan shalat kita wajib menjaga ucapan, sikap, pikiran, dan hati kita. Tak ada satu pun ucapan yang keluar dari mulut kita pada saat melaksanakan shalat yang bersifat sia-sia apalagi tercela.

Shalat mendidik persatuan dan kesatuan umat. Inilah nilai shalat yang kedua yang harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Di dalam shalat, kita menghadap ke arah yang sama, yakni ka’bah baitullah.

Hal ini menunjukkan betapa pentingnya persatuan dan kesatuan umat. Dengan adanya persatuan dan kesatuan umat, maka berbagai kesulitan, gangguan, dan hambatan akan mampu dihadapi bersama.

Nilai shalat yang ketiga adalah disiplin waktu. Tak bisa sembarang orang mendirikan shalat karena shalat harus tepat waktu. Setiap shalat memiliki waktu yang tertentu, sebagaimana firman Allah SWT: ”... sesungguhnya shalat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.” (QS. An-Nisa [4]: 103).

Yang keempat adalah taat kepada pemimpin. Shalat yang dilakukan secara berjamaah mengajarkan kepada kita untuk taat kepada pemimpin (imam). Pada saat shalat berjamaah, tak ada satu pun yang boleh bergerak mendahului imam, hal ini mengajarkan kepada kita bahwa kita wajib taat kepada pemimpin selama perintahnya tidak untuk bermaksiat kepada Allah SWT.


Dr. Abidin, S.T., M.Si. (Foto : Dok Pribadi)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut