get app
inews
Aa Read Next : HIKMAH JUMAT : Obral dan Diskon Besar ala Ramadhan

HIKMAH JUMAT : Implementasi Nilai-nilai Shalat

Jum'at, 17 Februari 2023 | 04:30 WIB
header img
Shalat dapat mencegah dari perbuatan keji dan munkar. (Foto : Ist)

Dalam shalat, kita juga ditanamkan nilai untuk berani mengingatkan pemimpin yang khilaf atau keliru. Ketika imam khilaf, maka kita diperintahkan untuk mengucapkan subhanallah.

Hal ini menunjukkan bahwa kita sebagai rakyat, memiliki keharusan untuk mengingatkan pemimpin kita jika pemimpin tersebut melakukan kesalahan. Inilah nilai shalat yang kelima.

Selanjutnya nilai shalat yang keenam, yaitu mendidik persamaan hak. Dalam shalat berjamaah, tidak ada jamaah yang diperlakukan secara khusus. Setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk duduk dan berdiri di shaf yang pertama. Tak peduli pangkat, jabatan, atau strata sosial seorang jamaah, jika dia datang terlambat maka bisa jadi dia akan menempati shaf yang paling belakang.

Nilai shalat yang ketujuh adalah tertib berorganisasi. Shalat berjamaah mengajarkan kepada kita tentang perlunya umat Islam untuk tertib berorganisasi. Dengan tertib berorganisasi, maka perjuangan umat Islam menjadi terarah. Hal ini terlihat dari adanya perintah dalam shalat berjamaah agar makmum meluruskan dan merapatkan shaf sebagai syarat untuk tercapainya kesempurnaan shalat.

Terakhir, shalat memiliki nilai agar kita senantiasa hidup bersih dan sehat. Sebelum melaksanakan shalat, kita diwajibkan berwudhu untuk membersihkan diri dari hadats.

Pakaian dan tempat kita shalat juga harus suci dari berbagai kotoran dan najis. Sementara itu, gerakan-gerakan shalat laksana olah raga fisik yang wajib dilakukan minimal 17 rakaat dalam sehari semalam.

Oleh karenanya, di momentum peringatan Isra Mi’raj ini, mari kita tingkatkan terus kualitas shalat kita. Selain itu, mari kita implementasikan nilai-nilai shalat dalam kehidupan kita sehari-hari.

Dengan demikian, maka kita memiliki harapan bahwa umat Islam akan berubah menuju umat yang lebih baik lagi. (*)


Nilai-nilai shalat dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. (Foto : Ist)

Wallahu a’lam bish-shawab.

          

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut