get app
inews
Aa Read Next : HIKMAH JUMAT : Jangan Mau Kalah oleh Toko Sebelah

HIKMAH JUMAT : Cara Cerdas dalam Beramal

Jum'at, 05 Mei 2023 | 05:43 WIB
header img
Kematian bagi manusia tidak mengakhiri segalanya, harus mempertanggungjawabkan seluruh fasilitas yang telah Allah berikan kepadanya. (Foto : Ist)

Jenis-jenis Amal

Sejatinya amal seseorang itu terbagi menjadi tiga jenis.

1. Amal yang Bersifat Rutinitas Belaka. Seseorang melakukan amal ini karena memang rutinitas atau kebutuhan yang harus dipenuhi, tak lebih dari itu niat dan motivasinya.

Misalnya seseorang terbiasa melakukan berbagai aktivitas seperti makan, minum, dan bekerja atau aktivitas rutin lainnya. Jika aktivitas-aktivitas tersebut niat dan motivasinya hanya untuk memenuhi kebutuhan dan atau status saja, maka aktivitas orang tersebut tidak bernilai ibadah atau amal shalih dalam pandangan Allah SWT.

Orang tersebut mungkin hanya akan memenuhi kebutuhan dunia dan atau mendapatkan status saja. Dengan makan perut menjadi kenyang, dengan minum dahaga jadi hilang, dengan bekerja dia mendapatkan penghasilan dan atau status di mata orang lain. Hanya itu yang dia dapatkan.

2, amal shalih

Aktivitasnya boleh sama dengan aktivitas rutin yang dilakukan seseorang. Namun demikian, nilainya berbeda di hadapan Allah SWT. Seseorang yang melakukan amal shalih, berhasil mentransformasi aktivitas rutin menjadi bernilai ibadah.

Transformasi yang dilakukan sejatinya sangatlah mudah. Awali dan akhiri setiap aktivitas rutin tersebut dengan do’a, niatkan semuanya karena Allah SWT, dan tata caranya mengikuti tuntunan dan contoh dari Baginda Rasulullah SAW.

Tidak hanya perut yang kenyang dan dahaga yang hilang atau tidak hanya penghasilan dan status yang didapatkan, namun pahala dan keberkahan akan diterima oleh orang tersebut dari setiap rutinitasnya. Tidak hanya di dunia, bahkan bisa jadi hingga di akhirat pahalanya terus mengalir.

Setiap amal shalih jika telah dilakukan maka disebut shadaqah. Shadaqah terbagi menjadi dua yakni jariyah dan tsabitah. Shadaqah jariyah adalah aktivitas yang pahalanya tidak hanya diperoleh ketika seseorang beramal, namun pahalanya tetap akan terus mengalir walaupun orang tersebut telah meninggal dunia.

Dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah RA, Baginda Rasulullah SAW bersabda: “Apabila manusia itu meninggal dunia maka terputuslah segala amalnya kecuali tiga, yaitu shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan do’a anak shalih yang berdo’a baginya.” (HR. Muslim).


Setiap manusia pasti akan menjumpai berbagai ujian berupa keburukan maupun kebaikan. (Foto : Ist)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut