get app
inews
Aa Read Next : HIKMAH JUMAT : Jangan Mau Kalah oleh Toko Sebelah

HIKMAH JUMAT : Cara Cerdas dalam Beramal

Jum'at, 05 Mei 2023 | 05:43 WIB
header img
Kematian bagi manusia tidak mengakhiri segalanya, harus mempertanggungjawabkan seluruh fasilitas yang telah Allah berikan kepadanya. (Foto : Ist)

Sementara itu, yang disebut dengan shadaqah tsabitah adalah aktivitas yang ketika aktivitas tersebut dikerjakan maka saat itulah pahalanya diberikan. Pahala tidak akan diterima seterusnya, terlebih jika orang tersebut telah meninggal dunia atau sesuatu yang dishadaqahkan telah usang.

Dengan melakukan amal shalih, maka seseorang yang melakukannya tidak hanya mendapatkan kebaikan selama hidup di dunia, namun juga akan mendapatkan kebaikan berupa pahala atau ganjaran hingga ke negeri akhirat.

Allah SWT berfirman yang artinya: “Barangsiapa mengerjakan kebaikan seberat dzarrah pun, niscaya dia akan melihat (balasan) nya. Dan barangsiapa mengerjakan kejahatan sebesar dzarrah pun, niscaya dia akan melihat (balasan) nya.” (QS. Al-Zalzalah [99]: 7-8).

3. Amal Salah. Seperti halnya uraian di atas, aktivitasnya boleh sama seperti makan, minum, bekerja dan aktivitas-aktivitas rutin lainnya. Namun bedanya adalah selain niat dan caranya, sumbernya juga tidak halal.

Misalnya saja makan dan minum. Makanan dan minumannya bersumber dari yang tidak halal seperti hasil menipu, mencuri, atau korupsi. Pekerjaan yang dilakukannya juga melanggar aturan negara dan agama. Tentu aktivitas-aktivitas seperti ini tidak hanya salah di hadapan Allah SWT, namun juga salah di mata hukum negara.

Bisa juga sumbernya adalah halal. Uang yang digunakan untuk membeli makanan dan minuman diperoleh dengan cara yang baik, sah secara aturan agama maupun negara.

Namun sayangnya, makanan dan minuman yang dibelinya adalah makanan dan minuman yang haram. Tentu amal yang seperti ini juga termasuk ke dalam kategori amal salah.

Amal salah seperti aktivitas di atas dan yang sejenis lainnya, tentu tidak hanya menimbulkan kerugian bagi pelakunya, namun bisa jadi juga menimbulkan kemudharatan bagi orang lain. Selain itu, amal salah akan menyebabkan pelakunya dimasukkan ke dalam neraka oleh Allah SWT.

Berdasarkan uraian di atas, di sisa usia yang kita miliki saat ini, cerdas-cerdaslah dalam beramal. Beramallah dengan amal yang shalih baik itu shadaqah tsabitah, terlebih lagi shadaqah jariyah. Dengan nilai materi yang sama, namun pahala yang diterima akan jauh berbeda.


Selagi nafas masih berhembus dan raga belum terpisah dari nyawa, manfaatkanlah segala fasilitas dari Allah SWT. (Foto : Ist)

Wallahu a’lam bish-shawab.

          


 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut