get app
inews
Aa Read Next : HIKMAH JUMAT : Kemuliaan Bulan Muharram

HIKMAH JUMAT : Doa dan Muhasabah Diri

Jum'at, 14 Juli 2023 | 05:58 WIB
header img
Muhasabah adalah proses menghitung-hitung amal baik dibandingkan dengan keburukan yang dilakukan sepanjang waktu. (Foto/Ilustrasi : Ist)

Penulis : Dr. Abidin, S.T., M.Si. - Dosen Universitas Buddhi Dharma & Ketua Umum Yayasan Bina Insan Madinah Catalina

HARI INI adalah hari Jum’at terakhir di tahun 1444 H. Tak terasa, tinggal beberapa hari lagi tahun 1444 H akan segera pergi meninggalkan kita dan berganti dengan tahun baru yaitu tahun 1445 H.

Rasanya baru kemarin kita memasuki tahun 1444 H dan kita pun memiliki berbagai agenda yang akan dilakukan sepanjang tahun. Rencana memperbaiki diri dan meningkatkan kualitas ibadah adalah beberapa agenda yang direncanakan di tahun 1444 H.

Kalau kita renungkan, bisa jadi perbaikan diri yang telah direncanakan itu masih jauh dari yang diharapkan. Kualitas ibadah pun belum meningkat, bahkan sebagian dari kita masih gemar bermaksiat.

Antara Rencana dan Kenyataan

Laksana panggang jauh dari api. Mungkin itulah peribahasa yang tepat untuk menggambarkan hasil perbandingan antara aktualisasi rencana di awal tahun 1444 H dengan kenyataannya. Banyak rencana indah yang sudah kita buat, namun tak berhasil kita wujudkan. 

Sayangnya, untung tak dapat diraih, malang pun tak dapat ditolak. Walaupun masih banyak agenda rencana perbaikan diri di tahun 1444 H yang belum dapat direalisasikan, namun apalah daya, kita tak akan mampu menolak kedatangan tahun 1445 H.

Begitulah kita, sebagai manusia memang selalu dalam keadaan merugi. Karena kita senantiasa lalai dalam memanfaatkan peluang sekaligus nikmat dari Allah SWT. Baginda Rasulullah SAW bersabda: “Dua nikmat yang dilalaikan oleh banyak manusia, yaitu kesehatan dan waktu luang.” (HR. Bukhari).

Apapun yang terjadi dengan diri kita saat ini, tak ada kata terlambat bagi kita untuk senantiasa terus dan terus memperbaiki diri dan kembali kepada Allah SWT. Karena sejatinya hidup kita adalah hari ini, yang sudah berlalu tak mungkin kembali lagi, dan esok hari masih misteri.


Dr. Abidin, S.T., M.Si. (Foto : iNewsSerpong)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut