get app
inews
Aa Read Next : HIKMAH JUMAT : Jangan Mau Kalah oleh Toko Sebelah

HIKMAH JUMAT : Nasihat Akhir Tahun

Jum'at, 29 Desember 2023 | 05:32 WIB
header img
Semoga di tahun 2024 Allah menjadikan kita hamba-Nya yang lebih baik lagi. (Foto : Ist)

BEGITU CEPAT waktu berlalu dan hari berganti. Hari ini pun, kita tengah berada di hari Jum’at terakhir di tahun 2023. Tak terasa, tinggal tiga hari lagi tahun 2023 akan meninggalkan kita dan berganti dengan tahun baru yaitu tahun 2024.

Satu hal yang patut kita syukuri adalah Allah SWT masih memberikan kesempatan kepada kita hingga akhir tahun ini. Entah berapa lama lagi kesempatan yang akan Allah SWT berikan kepada kita, entah esok atau lusa nanti kematian pun akhirnya akan datang menghampiri kita.

Di penghujung tahun 2023 ini, marilah kita senantiasa bersyukur dan teruslah berbuat baik, tanpa harus menunggu membuat resolusi dan tahun baru 2024 datang. Karena sejatinya, hidup kita adalah hari ini, yang lalu tak mungkin kembali lagi, dan esok hari adalah masih misteri.

Ajal tak dapat Ditunda 

Untuk itu, tak perlu kita menunggu pergantian tahun baru untuk memperbaiki diri, karena ajal tak pernah dapat ditunda, dan kematian tak pernah dapat dihindari. Sebagaimana Allah mengingatkan kepada kita dalam Al-Qur’an surat Al-Ashr ayat 1-3 yang artinya:

”Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian. Kecuali orang yang beriman dan beramal shalih, dan saling menasihati dalam kebenaran dan saling menasihati dalam kesabaran.”

Berbuat baiklah (beramal shalih) selagi kita masih diberikan kesempatan oleh Allah SWT. Selama kita masih bernafas, itu artinya kesempatan untuk berbuat baik masih Allah berikan. Allah SWT berfirman yang artinya:

“Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah, dan hendaknya setiap orang memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh, Allah Maha Teliti terhadap apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Hasyr [59]: 18).

Berdasarkan ayat di atas, Imam Ibnu Katsir menjelaskan bahwa Allah SWT memerintahkan umat manusia untuk bertakwa kepada-Nya, yakni dengan cara mengerjakan apa yang diperintahkan oleh-Nya dan meninggalkan apa yang dilarang oleh-Nya.


Dr. Abidin, S.T., M.Si. (Foto : iNewsSerpong)
 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut