get app
inews
Aa Read Next : HIKMAH JUMAT : Jangan Mau Kalah oleh Toko Sebelah

HIKMAH JUMAT : Nasihat Akhir Tahun

Jum'at, 29 Desember 2023 | 05:32 WIB
header img
Semoga di tahun 2024 Allah menjadikan kita hamba-Nya yang lebih baik lagi. (Foto : Ist)

Selain itu, hendaknya setiap manusia menghitung-hitung dirinya sendiri sebelum dimintai pertanggungjawaban, dan perhatikanlah apa yang kita tabung buat diri kita berupa amal-amal shalih untuk bekal diri kita dikembalikan, yaitu hari dihadapkannya kita kepada Allah SWT.

Ayat ini menjadi landasan bagi kita untuk senantiasa bertakwa dan berbuat baik di setiap kesempatan yang ada. Takwa adalah sebaik-baik bekal yang bisa kita bawa menghadap Allah SWT. Sebagaimana firman Allah SWT yang artinya:

“... Berbekallah karena sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa. Bertakwalah kepada-Ku wahai orang-orang yang mempunyai akal sehat.” (QS. Al-Baqarah [2]: 197).

Salah satu implementasi takwa adalah senantiasa berbuat baik di berbagai kesempatan sesuai dengan kemampuan kita. Karena sejatinya, kebaikan apa pun yang kita lakukan maka semuanya akan kembali kepada kita, begitu pula sebaliknya.

Allah SWT berfirman yang artinya: “Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat, maka (kejahatan) itu bagi dirimu sendiri, ...” (QS. Al-Isra [17]: 7).   

Selanjutnya, yang perlu dilakukan pada setiap kesempatan adalah melakukan muhasabah, yakni menghitung-hitung amal baik kita dibandingkan dengan keburukan kita yang dilakukan sepanjang waktu. Baginda Rasulullah SAW bersabda:

“Orang yang pandai adalah yang menghisab (mengevaluasi) dirinya sendiri serta beramal untuk kehidupan setelah kematian. Sedangkan orang yang lemah adalah yang dirinya mengikuti hawa nafsunya serta berangan-angan terhadap Allah SWT.” (HR. Tirmidzi).

Sementara itu, sahabat Nabi SAW yakni Umar bin Khattab RA. menganjurkan kepada setiap muslim agar senantiasa menghisab dirinya sebelum datang hari penghisaban. Beliau berkata:

“Hisablah (introspeksi) diri kalian sebelum diri kalian dihisab, dan berhias dirilah kalian untuk menghadapi penyingkapan yang besar (hisab). Sesungguhnya hisab pada hari kiamat akan menjadi ringan bagi orang yang selalu menghisab dirinya saat hidup di dunia.”


Tak perlu kita menunggu pergantian tahun baru untuk memperbaiki diri, karena ajal tak pernah dapat ditunda, dan kematian tak pernah dapat dihindari. (Foto : Ist)
 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut