get app
inews
Aa Read Next : HIKMAH JUMAT : Berdo’alah di Tiga Waktu Ini

HIKMAH JUMAT : Iman Butuh Ujian

Jum'at, 26 Januari 2024 | 05:47 WIB
header img
Hidup adalah rangkaian ujian demi ujian yang datang silih berganti. Terkadang sedih berganti dengan bahagia, duka berganti dengan gembira. (Foto: Ist)

Penulis : Dr. Abidin, S.T., M.Si. -- Dosen Universitas Buddhi Dharma; Ketua Umum Yayasan Bina Insan Madinah Catalina; & Ketua PCM Pagedangan - Tangerang

KETIKA seseorang mengatakan bahwa dia punya segenggam mas murni 24 karat, maka untuk membuktikan bahwa perkataannya benar, mas tersebut harus diuji terlebih dahulu kadar kemurniannya. Tidak serta merta orang dapat percaya dan langsung membeli mas tersebut.

Ketika seorang mahasiswa hendak lulus dan menyandang gelar akademik sesuai dengan keilmuannya, tentu tidak serta merta mahasiswa tersebut mendapatkan gelar sebelum memenuhi persyaratan, dimana salah satunya adalah lulus dari ujian atau sidang hasil penelitian.

Demikian pula dengan keimanan kita, ketika kita menyatakan diri beriman kepada Allah SWT maka tidak serta merta iman kita dicatat sebagai iman yang sesungguhnya, sebelum datangnya ujian kepada kita untuk membuktikan bahwa keimanan kita itu adalah keimanan yang benar.

Rangkaian Ujian Demi Ujian

Allah SWT menegaskan hal ini dalam Al Qur’an surat Al-Ankabut [29] ayat 2 yang artinya: “Apakah manusia mengira bahwa mereka akan dibiarkan hanya dengan mengatakan, “Kami telah beriman,” dan mereka tidak diuji?”

Pada ayat di atas, Allah SWT seakan-akan menyampaikan “pengumuman” kepada seluruh makhluk-Nya yang bernama manusia, bahwa masing-masing manusia akan diberikan ujian ketika dia mengatakan bahwa dirinya telah beriman.

Untuk apa Allah memberikan ujian kepada manusia?

Mari kita lihat tafsir Jalalayn terkait surat Al-Ankabut [29] ayat 2 di atas. Dijelaskan bahwa bahwa Allah menguji manusia dengan berbagai bentuk ujian atau memberikan cobaan kepada manusia di dunia ini, agar Allah dapat mengetahui siapa di antara manusia yang lebih baik amalnya atau yang lebih taat kepada Allah SWT.

Sejatinya memang hidup adalah rangkaian ujian demi ujian yang datang silih berganti. Terkadang sedih berganti dengan bahagia, duka berganti dengan gembira. Begitulah hidup kita, hari demi harinya adalah tahapan ujian yang harus dilalui dengan sebaik-baiknya.

Allah SWT berfirman yang artinya: “Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.” (QS. Al-Mulk [67]: 2).


Dr. Abidin, S.T., M.Si. (Foto : Dok Pribadi)
 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut