get app
inews
Aa Read Next : HIKMAH JUMAT : Jangan Mau Kalah oleh Toko Sebelah

HIKMAH JUMAT : Obral dan Diskon Besar ala Ramadhan

Jum'at, 01 Maret 2024 | 05:44 WIB
header img
Bulan Ramadhan adalah kesempatan luar biasa yang diberikan oleh Allah SWT kepada hamba-hamba-Nya yang beriman. (Foto: Ist)

Penulis : Dr. Abidin, S.T., M.Si. -- Dosen Universitas Buddhi Dharma; Ketua Umum Yayasan Bina Insan Madinah Catalina; Ketua PCM Pagedangan Kab. Tangerang

TIDAK LAMA lagi bulan Ramadhan 1445 H segera datang. Suasana hati yang dipenuhi oleh suka cita, gembira dan bahagia kita rasakan dengan kedatangan bulan suci ini.

Sangat beralasan mengapa kita merasakan suasana hati yang penuh dengan suka cita, gembira dan bahagia. Karena Ramadhan adalah bulan dimana Allah SWT mengobral pahala dan memberikan diskon besar-besaran terhadap dosa hamba-hamba-Nya.

Ya, laksana supermarket yang sedang memanjakan konsumen-konsumennya dengan memberikan big sales dan discounts pada periode waktu tertentu. Itulah bulan Ramadhan, bulan suci umat Islam.

Motivasi Baginda Rasulullah

Baginda Rasulullah SAW bersabda: “Setiap amal anak Adam dilipatgandakan pahalanya. Setiap satu kebaikan, dilipatkan 10 kali lipat hingga 700 kali lipat.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dalam hadist lain yang juga diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim, Baginda Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan ingin mendapatkan pahala, maka diampuni seluruh dosanya yang telah lalu.”

Subhanallah. Luar biasa bukan?

Dua hadits di atas sangat memotivasi kita semua umat Islam khususnya yang beriman untuk sungguh-sungguh dalam beribadah di bulan Ramadhan, dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadahnya.

Bulan Ramadhan adalah kesempatan luar biasa yang diberikan oleh Allah SWT kepada hamba-hamba-Nya yang beriman. Jangan sia-siakan kesempatan ini. Tidak boleh satu detik pun di bulan Ramadhan berlalu tanpa bernilai ibadah.

Sungguh merugilah orang yang hidup di bulan Ramadhan, namun tidak memanfaatkan kesempatan yang luar biasa ini dengan sebaik-baiknya. Ramadhan berlalu begitu saja, dan dosa-dosanya pun tidak diampuni Allah SWT.

Baginda Rasulullah SAW bersabda: “Sungguh rugi orang yang bertemu dengan Ramadhan, lalu Ramadhan berlalu darinya sebelum dosa-dosanya diampuni.” (HR. Tirmidzi, Ahmad, Ibnu Khuzaimah dan Hakim).


Dr. Abidin, S.T., M.Si. (Foto : iNewsSerpong)
 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut