get app
inews
Aa Read Next : HIKMAH JUMAT : Jangan Mau Kalah oleh Toko Sebelah

HIKMAH JUMAT : Obral dan Diskon Besar ala Ramadhan

Jum'at, 01 Maret 2024 | 05:44 WIB
header img
Bulan Ramadhan adalah kesempatan luar biasa yang diberikan oleh Allah SWT kepada hamba-hamba-Nya yang beriman. (Foto: Ist)

3.  Mempelajari Ilmu Syar’i

Untuk dapat beribadah dengan baik dan benar, tentu kita memerlukan berbagai ilmu syar’i terkait dengan tata cara maupun hikmah dari ibadah yang kita lakukan. Mempelajari ilmu syar’i terkait dengan berbagai ibadah di bulan Ramadhan memberikan berdampak positif terhadap peningkatan kualitas dan kuantitas ibadah kita.

Fikih puasa, shalat tarawih, lailatul qadr, shalat ied, dan zakat fitrah adalah sebagian dari ilmu syar’i yang sebaiknya mulai dipelajari dari sekarang. Tidak ada kata terlambat dalam belajar, karena mempelajari ilmu syar’i bertujuan agar ibadah yang kita laksanakan tidak berakhir dengan kesia-siaan.

Terlebih lagi di bulan Ramadhan dimana Allah mengobral pahala dan memberikan diskon besar, setiap ibadah yang kita lakukan harus memiliki dasar hukum. Baginda Rasulullah SAW bersabda: “Siapa beramal tanpa dasar dari kami, maka amalan tersebut tertolak.” (HR. Muslim).

Ilmu adalah cahaya yang akan menerangi kehidupan seorang hamba sehingga dia akan berada pada jalan yang benar. Ilmu adalah imamnya amal yang akan menuntun seorang hamba untuk beribadah dengan baik dan benar.

4.  Memperbanyak Amal Shalih

Ilmu yang dimiliki seseorang sebanyak apa pun itu, tidak akan menghasilkan pahala jika tidak diamalkan. Oleh karenanya, kiat sukses Ramadhan yang terakhir pada kesempatan ini adalah mengamalkan seluruh ilmu yang dimiliki dalam bentuk amal shalih.

“Ilmu tanpa amal laksana pohon tanpa buah”, demikian pepatah mengatakan. Tentu pohon yang diharapkan berbuah namun tidak berbuah, akan membuat kecewa orang yang menanamnya. Buah dari ilmu adalah pahala dan ampunan terhadap dosa.

Banyak amal shalih wajib yang harus dilakukan selama Ramadhan seperti puasa, shalat lima waktu dan zakat fitrah. Namun, amal-amal sunnah pun jangan dilewatkan. Beberapa di antaranya adalah shalat tarawih, tadarus Al-Qur’an, menyediakan hidangan untuk berbuka puasa, memperbanyak sedekah, i’tikaf, dan memburu lailatul qadr.

Amal shalih lain yang tidak kalah pentingnya adalah tetap produktif selama Ramadhan. Bekerjalah dengan penuh tanggung jawab, dan tidak menjadikan puasa sebagai alasan untuk bermalas-malasan.

Jangan sia-siakan kesempatan adanya obral dan diskon besar yang hanya Allah berikan di bulan Ramadhan. Semoga Allah SWT memberkahi kita di bulan bulan Sya’ban dan menyampaikan usia kita hingga dapat merasakan indahnya ibadah di bulan Ramadhan 1445 H. (*)


Bekerjalah dengan penuh tanggung jawab, dan tidak menjadikan puasa sebagai alasan untuk bermalas-malasan. (Foto: Ist)
 

Wallahu a’lam bish-shawab.

 

 

 

 

          

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut