get app
inews
Aa Read Next : HIKMAH JUMAT : Jangan Mau Kalah oleh Toko Sebelah

HIKMAH JUMAT : Obral dan Diskon Besar ala Ramadhan

Jum'at, 01 Maret 2024 | 05:44 WIB
header img
Bulan Ramadhan adalah kesempatan luar biasa yang diberikan oleh Allah SWT kepada hamba-hamba-Nya yang beriman. (Foto: Ist)

Kiat Sukses Meraih Obral dan Diskon Besar ala Ramadhan

Agar kesempatan baik itu tidak berlalu begitu saja, maka ada beberapa kiat sukses untuk mendapatkan obral dan diskon besar ala Ramadhan.

1.  Bersihkan Hati

Memasuki bulan Ramadhan sebaiknya dalam kondisi hati yang bersih. Noda dan dosa yang kita perbuat selama sebelas bulan sebelum Ramadhan, sebaiknya sudah kita kikis habis dengan cara melakukan taubatan nashuha.

Bersihnya hati adalah modal yang utama untuk bersemayamnya takwa dalam dada seorang hamba. Sebagaimana sabda Baginda Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Muslim bahwa: “Takwa itu ada di sini (seraya beliau Rasulullah SAW menunjuk ke dadanya tiga kali)”.

Kaitannya dengan bulan Ramadhan adalah bahwa Allah  SWT mewajibkan orang beriman untuk puasa di bulan Ramadhan bertujuan agar dapat meraih derajat takwa. Hal ini dapat kita lihat pada firman Allah SWT yang artinya:

“Wahai orang-orang yang  beriman, diwajibkan atas kamu sekalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (Al-Baqarah [2]: 183).

2.  Memperbanyak Do’a

Do’a adalah permohonan seorang hamba kepada Allah SWT. Ketika seorang hamba berdo’a, maka berarti dia menunjukkan bahwa dia butuh kepada Allah SWT. Dengan berdo’a, seorang hamba meyakini bahwa hanya Allah sajalah yang mampu mewujudkan harapan dan kesuksesannya.

Ramadhan, merupakan momentum yang paling tepat bagi seorang hamba untuk memperbanyak do’a kepada Allah SWT. Oleh karenanya, Ramadhan disebut juga sebagai syahrud du’a  (bulan berdo’a). Allah SWT berfirman yang artinya:

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo’a apabila ia memohon kepada-Ku. Maka hendaklah mereka memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. Al-Baqarah [2]: 186).

Ayat di atas, terletak persis setelah ayat yang membahas tentang puasa Ramadhan di surat Al-Baqarah [2] ayat 183 – 185. Hal ini mengandung makna bahwa betapa pentingnya memperbanyak do’a di bulan Ramadhan, sekaligus menunjukkan bahwa sepanjang waktu Ramadhan adalah waktu yang mustajabah untuk berdo’a kepada Allah SWT.


Doa adalah permohonan seorang hamba kepada Allah SWT. Ketika seorang hamba berdoa, berarti dia menunjukkan bahwa dia butuh kepada Allah SWT. (Foto: Ist)
 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut