get app
inews
Aa Read Next : HIKMAH JUMAT : Fungsi Strategis Rumah dalam Islam  

HIKMAH JUMAT : Beserta Kesulitan ada Kemudahan

Jum'at, 26 Juli 2024 | 05:23 WIB
header img
Tulisan motivasi dibelakang mobil. Setiap kesulitan yang kita hadapi dalam kehidupan ini, pasti Allah sertakan kemudahan bersama kesulitan tersebut. (Foto: Ist)

PENULIS : Dr. Abidin, S.T., M.Si. -- Dosen Universitas Buddhi Dharma; Ketua Umum Yayasan Bina Insan Madinah Catalina; Ketua PCM Pagedangan, Tangerang

HAMPIR SETIAP hari belakangan ini, saya diperlihatkan oleh Allah sebuah tulisan yang terdapat di bagian belakang mobil yang membuat saya berpikir untuk merenunginya. Saya berkeyakinan bahwa tidak ada yang kebetulan dalam hidup ini, semuanya sudah Allah atur dengan baik.

Apa yang kita lihat, dengar, dan rasakan, seluruhnya adalah skenario Allah yang penuh makna, bagi siapa saja yang mau dan mampu memaknainya. Begitu pula dengan apa yang saya lihat hampir setiap hari di beberapa pekan belakangan ini.

Cukup lama saya merenungi kejadian ini. Saya berusaha untuk menangkap seluruh makna yang mungkin terdapat di balik apa yang saya lihat tersebut. Sampai akhirnya, saya berkesimpulan dan memberanikan diri untuk menulisnya menjadi artikel Hikmah Jum’at untuk pekan ini.

Tulisan Belakang Mobil

Tulisan di bagian belakang mobil itu adalah firman Allah Ta’ala dalam Al-Qur’an surat Al-Insyirah ayat 6 yang berbunyi: “Inna ma’al-‘usri yusra” yang artinya: “Sesungguhnya beserta kesulitan ada kemudahan."

Bagi sebagian orang, mungkin tulisan itu dianggap biasa-biasa saja bahkan tidak ada maknanya. Tapi bagi kita yang memahami bahwa seluruh peristiwa yang kita alami adalah skenario dari Allah yang mengandung banyak hikmah, tentu akan berbeda memaknainya.

Saya mencoba memaknai peristiwa dan tulisan tersebut dengan keyakinan bahwa Allah sedang mempersiapkan sekaligus memotivasi diri saya. Seolah-olah Allah sedang berpesan bahwa jika kamu menemui kesulitan, maka yakinlah di balik kesulitan itu pasti ada kemudahan.

Tulisan ayat itu melintas dan saya lihat berulang-ulang dalam beberapa hari di berbagai mobil itu, saya maknai bahwa Allah sedang menguatkan keyakinan saya akan makna yang terkandung dalam ayat tersebut. Makna yang mendalam, yang terkadang kita lupakan saat mengalami kesulitan.

Ayat itu memang sudah sangat populer. Jangankan orang dewasa, bahkan anak-anak usia Taman Kanak-kanak saja sudah hafal dengan ayat tersebut. Namun, hafal tidaklah sama dengan paham. Bahkan paham pun belum tentu yakin dengan makna yang terkandung dari ayat tersebut.


Dr. Abidin, S.T., M.Si. (Foto : iNewsSerpong)
 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut