get app
inews
Aa Read Next : HIKMAH JUMAT : Fungsi Strategis Rumah dalam Islam  

HIKMAH JUMAT : Tasyakur Kemerdekaan

Jum'at, 16 Agustus 2024 | 05:43 WIB
header img
Bersyukur atas nikmat kemerdekaan dapat dilakukan dengan melakukan hal-hal yang positif, apa pun itu, sesuai dengan profesi atau tugas masing-masing. (Foto: Ist)

Kini, kita tinggal menikmati buah dari perjuangan mereka. Tak perlu lagi kita memanggul senjata dan bergerilya melawan penjajah. Maka, agar kita tidak seperti kacang yang lupa akan kulitnya, tadabbur kemerdekaan menjadi solusinya.

Banyak hal yang dapat ditadabburi dari kemerdekaan. Kita dapat belajar makna syukur atas nikmat kemerdekaan, nilai-nilai pengorbanan, disiplin, kesetiaan, kerja sama, semangat dalam berjuang, dan hal-hal baik lainnya. Hasil dari tadabbur tersebut kemudian diimplementasikan dalam perjuangan untuk mengisi kemerdekaan.

Perlombaan Penuh Makna

Demikian pula dengan perlombaan dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-79, adalah suatu hal yang wajar untuk diselenggarakan. Namun demikian, panitia penyelenggara sebaiknya lebih selektif dengan tidak hanya menyelenggarakan perlombaan yang sifatnya hura-hura.

Lomba yang diselenggarakan juga jangan sampai menjadikan kita lupa terhadap esensi hari kemerdekaan. Oleh karenanya, perlu juga diselenggarakan perlombaan yang memiliki dampak positif bagi lingkungan. 

Lomba kebersihan lingkungan misalnya. Lomba ini dapat membuat lingkungan menjadi lebih bersih, sehat, indah dan rapi. Selanjutnya lomba kreativitas daur ulang. Lomba ini selain bermanfaat bagi lingkungan juga berdampak terhadap kegiatan ekonomi sirkular.

Tentu masih banyak lomba bermanfaat lainnya yang dapat dijadikan pilihan untuk diselenggarakan. Semoga dengan tasyakur kemerdekaan, Allah Ta’ala menjadikan Indonesia Baldatun Thayyibatun wa Rabbun Ghafur. 

Semoga kita juga mampu mewujudkan cita-cita para pendiri bangsa. Dirgahayu Republik Indonesiaku tercinta yang ke-79: Nusantara Baru Indonesia Maju. (*)


Lomba yang diselenggarakan juga jangan sampai menjadikan lupa terhadap esensi hari kemerdekaan. (Foto: Ist)

 

     

Wallahu a’lam bish-shawab.

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut