get app
inews
Aa Read Next : HIKMAH JUMAT : Fungsi Strategis Rumah dalam Islam  

HIKMAH JUMAT : Tasyakur Kemerdekaan

Jum'at, 16 Agustus 2024 | 05:43 WIB
header img
Bersyukur atas nikmat kemerdekaan dapat dilakukan dengan melakukan hal-hal yang positif, apa pun itu, sesuai dengan profesi atau tugas masing-masing. (Foto: Ist)

Penulis : Dr. Abidin, S.T., M.Si. -- Dosen Universitas Buddhi Dharma; Ketua Umum Yayasan Bina Insan Madinah Catalina; Ketua PCM Pagedangan, Tangerang

SABTU, 17 AGUSTUS 2024, kita semua akan merayakan hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tercinta yang ke-79 tahun. Kemerdekaan adalah sebuah nikmat luar biasa yang patut kita syukuri kepada Allah Ta’ala.

Tasyakur kemerdekaan wajib kita lakukan, karena sampai saat ini masih banyak bangsa dan negara yang belum mendapatkan kemerdekaannya alias masih berada dalam cengkraman penjajah. Dengan nikmat kemerdekaan ini, kita merasakan keamanan, ketenangan dan kebebasan hidup.

Kemerdekaan adalah nikmat terbesar yang Allah Ta’ala berikan kepada bangsa Indonesia. Menyadari akan hal itu, maka para pendiri bangsa kemudian menyatakannya dalam alinea ke-3 pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945: “Atas Berkat Rahmat Allah Yang Maha Kuasa”.

Sungguh mulia hati, perkataan, dan perbuatan para pendiri bangsa ini. Inilah makna tasyakur kemerdekaan yang sesungguhnya, dimana hati mengakui bahwa kemerdekaan bukan semata-mata hasil perjuangan, namun merupakan nikmat dari Allah yang Maha Kuasa.

Pengakuan dari hati, kemudian diucapkan dengan lisan dan diakhiri dengan mengabadikan bersatunya hati dan lisan dalam bentuk perbuatan. Maka tertulislah pada pembukaan UUD 1945 bentuk syukur dari para pendiri bangsa ini.

Para pendiri bangsa memahami betul firman Allah Ta’ala yang artinya: (Ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), sesungguhnya adzab-Ku benar-benar sangat keras.” (QS. Ibrahim [14]: 7).

Genap 79 tahun usia kemerdekaan negara kita tercinta. Sebagai generasi penerus perjuangan para pendiri bangsa, tugas kita saat ini adalah mengisi kemerdekaan demi mewujudkan perdamaian dan kesejahteraan bangsa bahkan dunia.

Lalu, dengan cara apa kita melakukan tasyakur kemerdekaan saat ini?

Jawabannya tentu akan beragam. Berbagai macam cara dapat kita lakukan sebagai bentuk tasyakur kemerdekaan.

Bersyukur atas nikmat kemerdekaan dapat dilakukan dengan melakukan hal-hal yang positif, apa pun itu, sesuai dengan profesi atau tugas kita masing-masing.

Namun demikian, terdapat hal-hal positif utama yang dapat direkomendasikan untuk dilakukan dalam rangka tasyakur kemerdekaan. Hal-hal positif tersebut di antaranya dapat dipaparkan berikut ini.


Dr. Abidin, S.T., M.Si. (Foto : Dok Pribadi)
 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut