get app
inews
Aa Read Next : Garda Medika Berikan Layanan Medical Check Up Gratis di GIASS Tangerang

Aturan Pemberian Morfin Pada Anak Penderita Kanker

Senin, 21 Maret 2022 | 07:56 WIB
header img
Waktu paruh morfin adalah 4 jam, artinya efek morfin itu akan habis dalam 4 jam. (Foto/Ilustrasi : iNewsSerpong)


Anda bertanya, dokter Menjawab. (Foto : iNewsSerpong)

TANYA JAWAB

Bagaimana aturan pakai morfin pada anak-anak?

Berapa kali sehari minum obat ditentukan oleh apa yang disebut waktu paruh. Secara sederhana, waktu paruh adalah waktu di mana efek obat itu sudah habis.

Waktu paruh morfin adalah 4 jam. Artinya, efek morfin itu akan habis dalam 4 jam. Itu mengapa morfin diberikan setiap 4 jam. Jadi 6 kali sehari. Supaya tidak lupa, ada baiknya orang tua memasang alarm pada jam atau telepon genggamnya.

Kesulitan pemberian morfin pada anak apabila obat ini harus diberikan misalnya pada jam 2 pagi dini hari. Bisa karena anak susah dibangunkan atau orangtuanya yang ketiduran.

Tidak perlu panik, pada saat minum berikutnya jam 6 pagi, pastikan anak mendapat dua dosis (dosis jam 2 dan 6 pagi). Tujuannya agar konsentrasi morfin stabil dan anak terbebas dari nyeri.

Jika setelah obat diminum ternyata nyeri belum teratasi, orang tua dapat memberikan obat dengan dosis yang sama setelah 30 menit pemberian dan sebelum 4 jam dosis berikutnya. Ini yang disebut sebagai dosis renjatan.

Dosis renjatan dapat diberikan kapan saja sesuai dengan keadaan nyerinya, namun jangan lupa dicatat berapa kali dosis renjatan itu diberikan dalam satu hari. Informasi ini berguna untuk menaikkan dosis pada keesokan harinya.

Jadi, sebelum pemberian dosis hari berikutnya, semua dosis yang diberikan 24 jam sebelumnya dijumlahkan (dosis yang didapat ditambah dosis renjatan) dan dibagi enam. Hasilnya itulah yang menjadi dosis hari berikutnya.

Di hari berikutnya, lakukan hal yang sama untuk menghitung berapa jumlah dosis renjatan yang diberikan untuk menaikkan dosis pada hari berikutnya lagi.


Setelah 5 hari tidak ada nyeri lagi, pemberian morfin yang tiap 4 jam dapat diganti. (Foto : Orami)

Jika dalam satu hari sudah tidak ada dosis renjatan lagi, artinya dosis yang terakhir tersebut adalah dosis yang sudah tepat untuk mengatasi nyerinya. Pertahankan selama 5 hari.

Jika setelah 5 hari tidak ada nyeri lagi, morfin yang pemberiannya tiap 4 jam dapat diganti dengan yang pemberian tiap 12 jam atau 3x24 jam. Morfin itu ada yang short, intermediate, dan long acting.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut