get app
inews
Aa Read Next : HIKMAH JUMAT : Obral dan Diskon Besar ala Ramadhan

HIKMAH JUMAT : Ramadhan Datang, Hati pun Senang

Jum'at, 24 Maret 2023 | 02:48 WIB
header img
Marhaban yaa Ramadhan (selamat datang bulan Ramadhan) adalah salah satu ungkapan rasa senang menyambut datangnya bulan Ramadhan. (Foto : Ist)

 

Bulan yang penuh berkah dapat kita maknai sebagai bulan dimana seluruh kebaikan dari berbagai amal shalih berkumpul dan bertambah. Karena makna berkah adalah berkumpulnya atau bertambahnya kebaikan dari suatu perkara.

Oleh karenanya, sebagai aktualisasi dari rasa senang itu, kita dianjurkan memperbanyak ibadah dengan melakukan berbagai amal shalih selama bulan suci Ramadhan. Dengan melaksanakan berbagai amal shalih tersebut, kita berharap semoga mendapatkan ampunan dari Allah SWT.

Di bulan Ramadhan, amal shalih yang kita lakukan tidak hanya memperoleh pahala dari Allah SWT, namun juga mendapatkan ampunan dari Allah SWT. Baginda Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dalam hadits yang lain, Baginda Rasulullah SAW juga bersabda: “Shalat lima waktu, mengerjakan shalat Jum’at ke shalat Jum’at yang lain, berpuasa di bulan Ramadhan adalah penghapus-penghapus dosa di antaranya jika dijauhi dosa-dosa besar.” (HR. Muslim).

Demikian pula dengan shalat tarawih, dapat menghapus dosa-dosa yang telah lalu. Baginda Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang qiyam (shalat tarawih) pada bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dalam hadits yang lain, Baginda Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang bangun malam pada Lailatul Qadr karena iman dan mengharap pahala, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari).

Sungguh luar biasa bulan Ramadhan ini. Allah memberikan ampunan kepada hamba-hamba-Nya yang berdosa yang melaksanakan berbagai ibadah atau amal shalih. Laksana supermarket, maka pada bulan Ramadhan ini Allah SWT memberikan diskon besar-besaran terhadap berbagai dosa seorang hamba.

Berdasarkan hadits-hadits di atas jelaslah sudah bahwa salah satu keberkahan yang Allah turunkan di bulan Ramadhan adalah ampunan yang diberikan kepada setiap hamba yang berdosa. Jika sebelas bulan yang lalu hidup kita bergelimang dosa, maka bergembiralah dengan kedatangan Ramadhan. Di bulan Ramadhan, dosa-dosa kita berpeluang untuk diampuni oleh Allah SWT.


Dr. Abidin, S.T., M.Si. (Foto : Dok Pribadi)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut