get app
inews
Aa Read Next : HIKMAH JUMAT : Obral dan Diskon Besar ala Ramadhan

HIKMAH JUMAT : Ramadhan Datang, Hati pun Senang

Jum'at, 24 Maret 2023 | 02:48 WIB
header img
Marhaban yaa Ramadhan (selamat datang bulan Ramadhan) adalah salah satu ungkapan rasa senang menyambut datangnya bulan Ramadhan. (Foto : Ist)

 

Oleh karenanya, merugilah orang yang hidup di bulan Ramadhan namun hingga Ramadhan berlalu, dia tidak mendapatkan ampunan dari Allah SWT. Baginda Rasulullah SAW bersabda: “Sungguh rugi orang yang bertemu dengan Ramadhan, lalu Ramadhan berlalu darinya sebelum dosa-dosanya diampuni.” (HR. Tirmidzi, Ahmad, Ibnu Khuzaimah dan Hakim).

Selain adanya ampunan, alasan lainnya yang menyebabkan kita senang dengan datangnya bulan Ramadhan adalah adanya pahala yang diberikan dengan berlipat ganda bahkan lebih oleh Allah SWT. Pahala sebanyak ini tidak akan kita dapatkan selain di bulan Ramadhan.

Terkait dengan pahala di bulan Ramadhan, dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim, Baginda Rasulullah SAW bersabda: “Setiap amal anak Adam dilipatgandakan pahalanya. Setiap kebaikan, dilipatkan 10 kali lipat hingga 700 kali lipat.”  

Sungguh luar biasa bukan?

Apalagi jika kita mendapatkan lailatur qadr, maka pahala dari amal shalih yang kita lakukan saat itu setara dengan lebih dari 1.000 bulan. Allah SWT berfirman:

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada Lailatul qadr. Tahukah kamu apakah Lailatul qadr itu? Lailatul qadr itu lebih baik daripada seribu bulan.” (QS. Al-Qadr [97]: 1 – 3).

Jika kembali kita ibaratkan Ramadhan itu adalah supermarket, maka pada bulan ini Allah SWT memberikan big sale alias obral pahala. Tidak hanya itu, pada bulan Ramadhan juga Allah telah menyediakan door prize alias hadiah kejutan bagi mereka yang mendapatkan lailatul qadr.

Jika kita mendapatkan ampunan dari Allah SWT, kemudian mendapatkan pahala yang berlipat ganda, maka surga adalah balasannya. Selain itu, Allah juga telah menyediakan gelar khusus bagi kita yang sukses selama bulan Ramadhan yaitu muttaqin (orang yang bertakwa).

Hal ini ditegaskan oleh Allah SWT melalui firman-Nya: “Wahai orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al-Baqarah [2]: 183). 


Sungguh luar biasa bulan Ramadhan ini. Allah memberikan ampunan kepada hamba-hamba-Nya yang berdosa. (Foto : Ist)

Wallahu a’lam bish-shawab.

          

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut