Logo Network
Network

HIKMAH JUMAT : Keutamaan Ibadah Kurban

Penulis : Dr. Abidin, S.T., M.Si.
.
Jum'at, 02 Juni 2023 | 05:18 WIB
HIKMAH JUMAT : Keutamaan Ibadah Kurban
Ibadah kurban hukumnya wajib bagi setiap muslim yang memiliki kelapangan rezeki. (Foto/Ilustrasi : Ist)

Penulis : Dr. Abidin, S.T., M.Si. -- Dosen Universitas Buddhi Dharma & Ketua Umum Yayasan Bina Insan Madinah Catalina

SALAH SATU aktivitas bisnis yang menonjol di bulan Dzulqa’dah adalah bisnis hewan kurban. Dimana-mana sudah mulai kita lihat lapak-lapak yang menyediakan hewan kurban. Iklannya pun bertebaran di mana-mana hingga masuk ke ruang media sosial kita.

Namun demikian, dalam Hikmah Jum’at pekan ini kita tidak akan membahas bisnis hewan kurban dan pernak-perniknya. Yang akan kita bahas dalam Hikmah Jum’at pekan ini adalah keutamaan dari ibadah kurban itu sendiri.

Perlu diketahui bahwa sesungguhnya tidak ada satu pun perintah Allah SWT yang tidak ada keutamaan di dalamnya, termasuk ibadah kurban. Perintah berkurban didasari oleh kisah kekasih Allah Nabi Ibrahim AS bersama putranya Nabi Ismail AS.

Ibadah kurban merupakan perintah Allah SWT melalui firman-Nya: “Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan berkurbanlah. Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus.” (QS. Al Kautsar [108]: 1-3).

Ibadah kurban hukumnya wajib bagi setiap muslim yang memiliki kelapangan rezeki. Baginda Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang memiliki kelapangan untuk berkurban tetapi tidak mau berkurban, janganlah mendekati tempat shalat kami.” (HR. Ahmad, Ibnu Majah, dan Al-Hakim).

Pada hadits di atas, terdapat ancaman yang berat diberikan oleh Baginda Rasulullah SAW bagi mereka yang mampu untuk berkurban, namun tidak melakukannya. Oleh karenanya, jangan tunda niat berkurban, segeralah bertransaksi, jika memang kita memiliki kemampuan berkurban saat ini.


Dr. Abidin, S.T., M.Si. (Foto : iNewsSerpong)

 

Follow Berita iNews Serpong di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.