get app
inews
Aa Read Next : HIKMAH JUMAT : Berdo’alah di Tiga Waktu Ini

HIKMAH JUMAT : Keutamaan Ibadah Kurban

Jum'at, 02 Juni 2023 | 05:18 WIB
header img
Ibadah kurban hukumnya wajib bagi setiap muslim yang memiliki kelapangan rezeki. (Foto/Ilustrasi : Ist)

Ibadah kurban berdimensi sosial

Ibadah kurban adalah salah satu ibadah dalam agama Islam yang memiliki dimensi sosial yang sangat nyata. Dikatakan berdimensi sosial karena daging dari hewan kurban dapat dibagikan kepada seluruh kaum muslimin tanpa terkecuali, dari fakir miskin hingga mampu sekalipun. Allah SWT berfirman:

“Dan telah Kami jadikan untuk kamu unta-unta itu sebagian dari syi’ar Allah, kamu memperoleh kebaikan yang banyak padanya, maka sebutlah olehmu nama Allah ketika kamu menyembelihnya dalam keadaan berdiri (dan telah terikat). Kemudian apabila telah roboh (mati), maka makanlah sebagiannya dan beri makanlah orang yang rela dengan apa yang ada padanya (yang tidak meminta-minta) dan orang yang meminta. Demikianlah Kami menundukkan unta-unta itu kepada kamu, mudah-mudahan kamu bersyukur.” (QS. Al Hajj [22]: 36).  

Ibadah kurban berdimensi ekonomi

Ibadah kurban dikatakan berdimensi ekonomi karena dalam proses ibadah kurban terdapat rantai pasok atau “supply chain” hewan kurban dari peternak, distributor, hingga penjual hewan kurban. Di setiap mata rantai pasok tersebut terdapat transaksi yang bernilai ekonomis sehingga mampu menggerakkan roda perekonomian masyarakat.

Nilai ekonomi juga dirasakan oleh para pedagang peralatan penyembelihan, pendistribusian, hingga perlengkapan lainnya. Namun demikian, Baginda Rasulullah SAW melarang memberikan upah kepada penyembelih hewan kurban menggunakan bagian apapun dari hewan kurban.

Sahabat Ali bin Abi Thalib RA berkata: “Rasulullah memerintahkan kepadaku untuk mengurusi hewan kurbannya, membagi-bagikan dagingnya, kulit dan pakaiannya kepada orang-orang miskin, dan aku tidak diperbolehkan memberi sesuatu apapun dari hewan kurban (sebagai upah) kepada penyembelihnya.” (HR. Mutafaqun ‘alaih).

Semoga seluruh pembaca setia Hikmah Jum’at iNewsSerpong.id diberikan kemampuan oleh Allah SWT untuk berkurban tahun ini. Aamiin.

Wallahu a’lam bish-shawab.


Ibadah kurban berdimensi ekonomi karena dalam proses ibadah kurban terdapat rantai pasok hewan kurban dari peternak. (Foto : Ist)

 

          

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut