get app
inews
Aa Read Next : HIKMAH JUMAT : Berdo’alah di Tiga Waktu Ini

HIKMAH JUMAT : Keutamaan Ibadah Kurban

Jum'at, 02 Juni 2023 | 05:18 WIB
header img
Ibadah kurban hukumnya wajib bagi setiap muslim yang memiliki kelapangan rezeki. (Foto/Ilustrasi : Ist)

Sebagai motivasi untuk berkurban, berikut adalah keutamaan yang ada di balik ibadah kurban.

Sebagai bukti ketaatan kepada perintah Allah SWT.

Kurban adalah perintah dari Allah SWT yang telah disyariatkan kepada setiap umat. Allah SWT berfirman yang artinya:

“Dan bagi tiap-tiap umat telah kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan yang Maha Esa, karena itu berserahdirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah).” (QS. Al Hajj [22]: 34)

Orang pertama yang melakukan ibadah kurban adalah putranya Nabi Adam AS, sebagaimana dijelaskan oleh Allah SWT dalam Al-Qur’an surat Al-Maidah [5] ayat 27:

Ceritakanlah kepada mereka kisah kedua putra Adam (Habil dan Qabil) menurut yang sebenarnya, maka diterima dari salah seorang dari mereka berdua (Habil) dan tidak diterima dari yang lain (Qabil). Ia berkata (Qabil): “Aku pasti membunuhmu!” Berkata Habil: “Sesungguhnya Allah hanya menerima (kurban) dari orang-orang yang bertaqwa.”

Media untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Kata dasar kurban adalah “qariba” yang memiliki makna dekat atau mendekatkan. Kurban dimaksudkan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, dengan mengerjakan perintah-Nya. Sebagaimana firman Allah SWT pada surat Al-Maidah [5] ayat 27 di atas, bahwa Allah hanya menerima kurban dari orang yang bertakwa.

Dalam ayat yang lain, Allah SWT berfirman: “Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketaqwaan dari kamulah yang dapat mencapainya. Demikianlah Allah telah menundukkannya untuk kamu supaya kamu mengagungkan Allah terhadap hidayah-Nya kepada kamu. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Al-Hajj [22]: 37).

Amalan hamba yang paling dicintai Allah SWT di hari “Nahr”

Hari “nahr” adalah hari penyembelihan, hari raya kurban atau hari raya idul adha. Pada hari itu, tidak ada amal lain yang paling dicintai Allah SWT yang dilakukan oleh seorang hamba kecuali berkurban. Baginda Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

“Tidak ada amalan yang dikerjakan anak Adam ketika hari (raya) kurban yang lebih dicintai Allah Azza wa Jalla dari mengalirkan darah, sesungguhnya pada hari kiamat ia akan datang dengan tanduk-tanduknya, kuku-kukunya, dan bulu-bulunya. Dan sesungguhnya darah tersebut akan sampai kepada Allah Azza wa Jalla sebelum jatuh ke tanah, maka perbaguslah jiwa kalian dengannya.” (HR. Ibnu Majah).


Jangan tunda niat berkurban, segeralah bertransaksi, jika memang memiliki kemampuan berkurban. (Foto : Ist)
 
 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut