get app
inews
Aa Read Next : NGOPI YUK ! :  Afterseven Cafe Ngopi Sambil Nikmati Beragam Aktivitas, Bisa Belajar Soal Kopi

Nongkrong Bersama Teman, Salah Satu Cara Sederhana Bikin Panjang Umur

Selasa, 26 September 2023 | 09:21 WIB
header img
Ada banyak cara sederhana yang bikin seseorang panjang umur. Penelitian menunjukkan orang yang mengikuti perubahan gaya hidup cenderung hidup lebih lama. Foto/Getty Images

7. Meredakan Stres

Harapan hidup dapat menurun karena stres melalui dua cara. Cara pertama adalah melalui efek langsung stres pada tubuh dalam jangka panjang. Stres memicu pelepasan hormon yang disebut kortisol yang membantu merespons ancaman dengan meningkatkan detak jantung dan pernapasan.

Peningkatan stres dalam jangka panjang bisa berbahaya. Kondisi ini bisa menyebabkan kecemasan, depresi, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung. Ada juga bukti bahwa stres berkepanjangan dapat membuat sel menua dalam skala molekuler.

8. Kurangi Nonton TV

Dengan mengurangi menonton televisi, Anda dapat meningkatkan kesehatan dan meningkatkan harapan hidup juga. Menonton TV secara berlebihan membuat Anda menjadi tidak aktif dan cenderung menambah berat badan. Sementara itu, duduk berjam-jam dapat menyebabkan nyeri punggung dan leher kronis.

TV bisa menimbulkan stres, terutama jika Anda seorang pecandu berita. TV menghalangi interaksi sosial yang berkualitas dan dapat menyebabkan kecemasan dan depresi. Semua hal ini dapat berdampak negatif pada kesehatan dan umur panjang.

9. Hindari Risiko

Harapan hidup Anda dapat dilindungi dengan memastikan tidak mengambil risiko yang tidak perlu. Bagi usia muda, penyebab kematian terbesar bukanlah penyakit atau masalah terkait usia. Penyebab paling umum adalah kecelakaan, cedera, dan kekerasan.

Seiring bertambahnya usia, ada perilaku berisiko tertentu yang juga berhubungan dengan hilangnya tahun hidup secara signifikan. Menurut studi tahun 2021 di jurnal Aging, ini meliputi duduk terlalu lama, tekanan darah tinggi, kurus, merokok, konsumsi alkohol, jarang olahraga dan diabetes tipe 2.

10. Rutin Periksa Kesehatan

Menjaga kesehatan adalah kunci untuk memastikan harapan hidup Anda yang optimal. Ini bisa dilakukan dengan menemui penyedia layanan kesehatan setidaknya sekali setahun untuk pemeriksaan dan evaluasi fisik yang komprehensif.

Jika Anda memiliki satu atau lebih kondisi medis kronis, Anda perlu menemui penyedia layanan kesehatan lebih sering atau menemui spesialis lain untuk memastikan obat Anda bekerja dan tujuan pengobatan tercapai.

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut