get app
inews
Aa Read Next : Ternyata, Ini 5 Fungsi Lampu Rem Belakang Bagian Atas Mobil

Ironis Minyak Goreng Langka, Kemana 5 Produsen Minyak Goreng Terbesar Di Indonesia

Rabu, 23 Maret 2022 | 17:53 WIB
header img
Dipertanyakan peran 5 produsen minyak goreng terbesar Indonesia. (Foto: Okezone.com/Avirista)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Kelangkaan minyak goreng membuat masyarakat kebingungan, lantas bagaimana peran para produsen? Sekadar info saja, di Indonesia terdapat sejumlah produsen minyak goreng terbesar dengan jumlah pabrik dan jaringan hingga ke luar negeri yang namanya sudah tidak asing lagi.

Harga minyak goreng melonjak dalam beberapa waktu terakhir dikeluhkan masyarakat karena perannya sebagai kebutuhan pokok. Seperti diketahui, pemerintah melalui Kementerian Perdagangan sebenarnya sudah menetapkan harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng kemasan sederhana sebesar Rp11.000 liter.

Namun fakta di lapangan, harga minyak goreng sudah jauh melebihi HET, bahkan beberapa pasar, harga minyak goreng sudah berada di atas Rp 18.000 per liter. Dalih kenaikan harga minyak goreng dari produsen yakni karena adanya kenaikan harga CPO di pasar global.

Perkebunan kelapa sawit di Indonesia sejauh ini terkonsentrasi di Kalimantan dan Sumatera, bahkan sebagian perkebunan kelapa sawit besar lainnya berada di Sulawesi dan kini juga perlahan mulai banyak merambah Papua.

Setelah menyalip posisi Malaysia beberapa tahun lalu, Indonesia sendiri kini tercatat menjadi produsen minyak sawit atau CPO terbesar di dunia.

Berikut deretan produsen minyak goreng terbesar di Indonesia dengan cuan yang tak main-main.

1. Wilmar Group

Wilmar International Ltd (Wilmar Group) adalah produsen minyak goreng terbesar di Indonesia dengan merek Sania, Fortune, Siip, Sovia, Mahkota, Ol'eis, Bukit Zaitun, Goldie, dan Camilla.

Adapun Martua Sitorus adalah salah satu tokoh kunci perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Singapura itu. Tidak hanya di Indonesia, Wilmar juga memiliki lebih dari 450 pabrik dan jaringan distribusi di China, India, dan 50 negara lainnya.

Produsen ini memiliki perkebunan kelapa sawit besar di tanah air dan menjadi salah satu perusahaan yang memiliki perkebunan kelapa sawit terbesar di dunia yang mencapai 232.053 hektar.

 Wilmar Group membawahi PT Wilmar Nabati Indonesia Tbk (CEKA). Melansir laporan keuangan perusahaan hingga kuartal III-2021, penjualan neto CEKA tercatat mengalami peningkatan sebesar 46,92%, dari Rp 2,51 triliun pada akhir September 2020 menjadi Rp 3,68 triliun di sembilan bulan pertama 2021.

Penjualan bersih CEKA hingga kuartal ketiga ini masih ditopang oleh penjualan domestik senilai Rp 3,51 triliun. Jumlah itu terkerek 47,55% dibandingkan periode yang sama tahun lalu senilai Rp 2,38 triliun.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut