Lamto Widodo: Perlu Sentuhan Ergonomi untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja

Nurdin R Radin
Workshop Ergonomi dengan menghadirkan pembicara pakar ergonomi dari Perhimpunan Ergonomi Indonesia (PEI), Dr. Lamto Widodo, S.T., M.T., IPM, dipandu Ketua Program Studi Teknik Industri FST-UBD Dr. Abidin, S.T., M.Si. (Foto: Ist)

Pembahasan ergonomi juga telah distandarkan melalui SNI 9011:2021, yang mengatur tentang Pengukuran dan Evaluasi Potensi Bahaya Ergonomi di Tempat Kerja.

SNI ini menetapkan metode identifikasi keluhan Gangguan Otot Rangka Akibat Kerja (GOTRAK) pada pekerja dan menentukan area kerja yang perlu dievaluasi.

Jika faktor ergonomi diperhatikan dan diimplementasikan dengan melibatkan Internet of Things (IoT) di industri, penyakit akibat kerja dan kecelakaan kerja dapat diidentifikasi lebih cepat, mudah, dan akurat.

Hal ini akan membantu perusahaan menekan risiko kerja bagi karyawan dan pada akhirnya dapat meningkatkan produktivitas kerja. “Itulah esensi implementasi IoT pada sektor ergonomi di tempat kerja,” ujar Dr. Lamto.

Sementara itu, Dekan FST-UBD, Dr. Yakub, S.Kom., M.Kom., M.M., berharap agar workshop ini dapat menghasilkan temuan baru yang bermanfaat bagi masyarakat dan industri.

Acara dipandu oleh Dr. Abidin, S.T., M.Si., yang juga menjabat sebagai Ketua Program Studi Teknik Industri FST-UBD. (*)


Peserta Workshop Ergonomi diikuti sekitar 200 mahasiswa dari berbagai program studi di FST-UBD. (Foto: Ist)

 

 

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network