get app
inews
Aa Read Next :   Risiko Mati Mendadak, Hyundai Recall 13.511 Unit Mobil Keluaran 2024  

Ini Waktu Ideal dan Cara Ganti Popok Bayi yang Tepat, Para Ibu Wajib Tahu

Selasa, 31 Januari 2023 | 18:35 WIB
header img
Ketahui waktu ideal ganti popok bayi (Foto: Ist)

Waktu Ideal 

Banyak produk popok yang mengklaim dapat digunakan selama 8-10 jam. Padahal, sebaik apa pun produknya, idealnya mengganti popok tetap disarankan 3-4 jam sekali. Bahkan, popok harus segera diganti ketika sudah penuh meski baru beberapa lama dipakai. 

Dokter spesialis anak, dr. Andreas M.Ked (Ped), Sp.A mengatakan, orang tua harus rajin mengganti popok dan membersihkan daerah kulit bayi yang tertutup popok dengan air dan kapas atau tisu basah. Mengganti popok bayi yang terlihat mudah pun sebenarnya tidak boleh sembarangan. Langkah untuk mengganti popok diawali dengan membersihkan area genital dan bagian pantat bayi terlebih dahulu menggunakan kain lap basah, kapas basah, atau tisu bayi. 

Andreas mengatakan, cara membersihkan area genital yang salah juga bisa menyebabkan terjadinya ruam popok.  

“Misalnya, dibersihkan dengan tisu dari atas ke bawah terus kita ganti sisinya, terus diganti lagi sisinya sampai semuanya terpakai. Jangan menggunakan sisi tisu yang sama karena itu hanya menyebabkan kuman pindah ke atas,” ujar Andreas. 

Setelah itu, siapkan popok bersih. Tempatkan si kecil di kasur atau tempat yang nyaman dan memudahkan untuk mengganti popok. Angkat perlahan-lahan kaki dan paha si kecil, geser popok ke bawah jika menggunakan popok perekat. 

Lalu, ambil bagian depan popok dan harus menutupi bagian perutnya. Kemudian, langkah terakhir rekatkan pita perekat dan kencangkan. 

Cara mengganti popok sekali pakai tipe celana memasukkan kedua tangan mommy ke lubang kaki popok dan masukkan kaki bayi melalui lubang. Lalu, tarik popok ke atas sampai sebatas perut bayi.  

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut